Courser in English | Creative Writing |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Membaca merupakan wajib diikuti mahasiswa semester V program studi PBSD dengan bobot 2 sks. Topik bahasan mata kuliah ini diawali Perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif. Kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis Geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis Geguritan, praktik menulis Geguritan, menyusun antologi Geguritan. Selanjutnya mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks Drama diawali dengan menulis naskah Drama sederhana, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Pada pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya, presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama, strategi dan metode pembelajaran strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning Luaran mata kuliah ini adalah produk antologi Geguritan sebagai tugas mandiri, antologi teks naskah drama dan antologi cerkak merupakan tugas terstuktur dan RPP untuk pembelajaran di sekolah
Learning Outcomes
Menelaah konsep perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif pada pembelajaran bahasa dan sastra Jawa secara mandiri, bermutu, dan terukur serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan baik. (P1, KK2, KU2, S2) |
Menganalisis kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis geguritan, praktik menulis geguritan, menyusun antologi geguritan secara logis yang sesuai etika akademik pembelajaran bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK2, KU1, S2) |
Menerapkan mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks drama diawali dengan menulis naskah drama sederhana,, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2) |
Menerapkan pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari Sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya, Presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak, bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2) |
Mempraktikan penyusunan pertanyaan, membaca permulaan dan permasalahan pembelajaran Strategi dan Metode Pembelajaran Strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning dengan gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, P3.P4, KK1, KU3, S9, S2)
|
- Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif. Bandung: Salam Madani.
- Ajidarma, Seno Gumira. 2000. Layar Kata. Yogyakarta: Bentang
- Atmowiloto, Arswendo. 1984. Mengarang itu Gampang. Jakarta: Gramedia.
- Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerkak , Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Eneste, Panusuk (ed.). 1983. Proses Kreatif (Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang).
- Jakarta: Gramedia.
- Hariadi, Langit Kresna. 2004. Mengarang? Ah... Gampang. Solo: Tiga Serangkai.
- Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda.
- Lutters, Elizabet, Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo
- Marahimin, Ismail. 2001. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
- Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing. Jakarta: Raya Kultura
- Sambodja, Asep. 2007. Cara Mudah Menulis Fiksi. Jakarta: Buku Pop
- Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gamma Media
- Sayuti, Suminto A 2000. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gamma Media
Details ...
Mata kuliah Membaca merupakan wajib diikuti mahasiswa semester V program studi PBSD dengan bobot 2 sks. Topik bahasan mata kuliah ini diawali Perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif. Kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis Geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis Geguritan, praktik menulis Geguritan, menyusun antologi Geguritan. Selanjutnya mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks Drama diawali dengan menulis naskah Drama sederhana, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Pada pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya, presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama, strategi dan metode pembelajaran strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning Luaran mata kuliah ini adalah produk antologi Geguritan sebagai tugas mandiri, antologi teks naskah drama dan antologi cerkak merupakan tugas terstuktur dan RPP untuk pembelajaran di sekolah.
Learning Outcomes1. Menelaah konsep perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif pada pembelajaran bahasa dan sastra Jawa secara mandiri, bermutu, dan terukur serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan baik. (P1, KK2, KU2, S2)
2. Menganalisis kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis geguritan, praktik menulis geguritan, menyusun antologi geguritan secara logis yang sesuai etika akademik pembelajaran bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK2, KU1, S2)
3. Menerapkan mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks drama diawali dengan menulis naskah drama sederhana,, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2)
4. Menerapkan pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari Sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya, Presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak, bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2)
5. Mempraktikan penyusunan pertanyaan, membaca permulaan dan permasalahan pembelajaran Strategi dan Metode Pembelajaran Strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning dengan gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, P3.P4, KK1, KU3, S9, S2)
References- Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif. Bandung: Salam Madani.
- Ajidarma, Seno Gumira. 2000. Layar Kata. Yogyakarta: Bentang
- Atmowiloto, Arswendo. 1984. Mengarang itu Gampang. Jakarta: Gramedia.
- Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerkak , Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Eneste, Panusuk (ed.). 1983. Proses Kreatif (Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang).
- Jakarta: Gramedia.
- Hariadi, Langit Kresna. 2004. Mengarang? Ah... Gampang. Solo: Tiga Serangkai.
- Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda.
- Lutters, Elizabet, Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo
- Marahimin, Ismail. 2001. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
- Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing. Jakarta: Raya Kultura
- Sambodja, Asep. 2007. Cara Mudah Menulis Fiksi. Jakarta: Buku Pop
- Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gamma Media
Sayuti, Suminto A 2000. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gamma Media
Details ...