Kepenulisan Kreatif, Curriculum : 2017


Courser in EnglishCreative Writing
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Membaca merupakan wajib diikuti mahasiswa semester V program studi PBSD dengan bobot 2 sks. Topik bahasan  mata kuliah ini diawali Perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif. Kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis Geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur  pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis Geguritan, praktik menulis Geguritan, menyusun antologi Geguritan. Selanjutnya mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks Drama diawali dengan menulis naskah Drama sederhana, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Pada pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya,  presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama, strategi dan metode pembelajaran strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning Luaran mata kuliah ini adalah produk antologi Geguritan sebagai tugas mandiri, antologi teks naskah drama dan antologi cerkak merupakan tugas terstuktur dan RPP untuk pembelajaran di sekolah

Learning Outcomes

Menelaah   konsep perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif  pada pembelajaran bahasa dan sastra Jawa secara  mandiri, bermutu, dan terukur serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan baik. (P1, KK2, KU2, S2)

Menganalisis  kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur  pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis geguritan, praktik menulis geguritan, menyusun antologi geguritan secara logis yang  sesuai etika akademik pembelajaran bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK2, KU1, S2)

Menerapkan  mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks drama diawali dengan menulis naskah drama sederhana,, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu  pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2)

Menerapkan pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari Sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya,  Presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak, bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu  pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2)

Mempraktikan penyusunan pertanyaan, membaca permulaan dan permasalahan pembelajaran Strategi dan Metode Pembelajaran Strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning dengan gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu  pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, P3.P4,  KK1, KU3, S9, S2)

 

References

  1. Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif. Bandung: Salam Madani.
  2. Ajidarma, Seno Gumira. 2000. Layar Kata. Yogyakarta: Bentang
  3. Atmowiloto, Arswendo. 1984. Mengarang itu Gampang. Jakarta: Gramedia.
  4. Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerkak , Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Eneste, Panusuk (ed.). 1983. Proses Kreatif (Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang).
  6. Jakarta: Gramedia.
  7. Hariadi, Langit Kresna. 2004. Mengarang? Ah... Gampang. Solo: Tiga Serangkai.
  8. Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda.
  9. Lutters, Elizabet, Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo
  10. Marahimin, Ismail. 2001. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
  11. Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing. Jakarta: Raya Kultura
  12. Sambodja, Asep. 2007. Cara Mudah Menulis Fiksi. Jakarta: Buku Pop
  13. Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gamma Media
  14.  Sayuti, Suminto A 2000. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gamma Media                                          


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Membaca merupakan wajib diikuti mahasiswa semester V program studi PBSD dengan bobot 2 sks. Topik bahasan  mata kuliah ini diawali Perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif. Kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis Geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur  pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis Geguritan, praktik menulis Geguritan, menyusun antologi Geguritan. Selanjutnya mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks Drama diawali dengan menulis naskah Drama sederhana, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Pada pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya,  presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama, strategi dan metode pembelajaran strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning Luaran mata kuliah ini adalah produk antologi Geguritan sebagai tugas mandiri, antologi teks naskah drama dan antologi cerkak merupakan tugas terstuktur dan RPP untuk pembelajaran di sekolah.

Learning Outcomes

1. Menelaah   konsep perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra, konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif  pada pembelajaran bahasa dan sastra Jawa secara  mandiri, bermutu, dan terukur serta mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan baik. (P1, KK2, KU2, S2)

2. Menganalisis  kreativitas dalam menulis, jenis-jenis tulisan kreatif sastra diawali dengan menulis geguritan (puisi Jawa), unsur-unsur  pembangun geguritan, memperkaya diksi untuk menulis geguritan, praktik menulis geguritan, menyusun antologi geguritan secara logis yang  sesuai etika akademik pembelajaran bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK2, KU1, S2)

3. Menerapkan  mahasiswa mempelajari tentang penulisan teks drama diawali dengan menulis naskah drama sederhana,, pembangun drama, membangun dialog, menghidupkan tokoh, praktik menyusun naskah Drama, editing hingga pada menyusun antologi naskah drama. Memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu  pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2)

4. Menerapkan pembelajaran selanjutnya mahasiswa mempelajari Sumber inspirasi/ide menulis cerkak, teknik penulisan cerkak: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita, proses kreatif para sastrawan menulis cerkak membaca sebuah cerkak, menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya,  Presentasi dan diskusi cerkak yang telah disusun dengan pendekatan model, revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi, proyek penyusunan antologi cerkak, bagian-bagian dalam antologi cerkak, editing, layout, menyusun antologi cerkak bersama dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan keahlian untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu  pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, KK1, KU3, S9, S2)

5. Mempraktikan penyusunan pertanyaan, membaca permulaan dan permasalahan pembelajaran Strategi dan Metode Pembelajaran Strategi pembelajaran : CTL, Project Based Learning dengan gagasan, desain atau kritik seni secara efektif guna peningkatan mutu  pembelajaran, bahasa dan sastra Jawa. (P1, P3.P4,  KK1, KU3, S9, S2)

References

  1. Aisyah, Nenden Lilis. 2007. Kiat Efektif Menulis Kreatif. Bandung: Salam Madani.
  2. Ajidarma, Seno Gumira. 2000. Layar Kata. Yogyakarta: Bentang
  3. Atmowiloto, Arswendo. 1984. Mengarang itu Gampang. Jakarta: Gramedia.
  4. Diponegoro, Mohammad. 1994. Yuk, Nulis Cerkak , Yuk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Eneste, Panusuk (ed.). 1983. Proses Kreatif (Mengapa dan Bagaimana Saya Mengarang).
  6. Jakarta: Gramedia.
  7. Hariadi, Langit Kresna. 2004. Mengarang? Ah... Gampang. Solo: Tiga Serangkai.
  8. Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda.
  9. Lutters, Elizabet, Kunci Sukses Menulis Skenario. Jakarta: Grasindo
  10. Marahimin, Ismail. 2001. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
  11. Pranoto, Naning. 2007. Creative Writing. Jakarta: Raya Kultura
  12. Sambodja, Asep. 2007. Cara Mudah Menulis Fiksi. Jakarta: Buku Pop
  13. Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gamma Media

 Sayuti, Suminto A 2000. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gamma Media                                          


Details ...