Magang I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING INTERNSHIP I
ProgramPendidikan Biologi
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi wawasan dasar bagi calon pendidik dalam rangka melaksanakan tugas mereka sebagai guru profesional. Mata kuliah ini memberikan bekal bagi para calon guru/pendidik tentang:

  1. Pendidikan etika profesi.
  2. Etika profesi pendidikan multikultural.
  3. Etika profesi dalam penerapan alat pendidikan
  4. Etika profesi kependidikan.
  5. Beberapa kasus etika profesi.
  6. Beberapa argumen etika profesi.
  7. Etika profesi kependidikan dan pendidikan karakter.
  8. Wacana pendidikan karakter di Sekplah.
  9. Naskah akademik pendidikan karakter.
  10. Pancasila sebagai sistem nilai.
  11. Pancasila sebagai ideologi.
  12. Etika Pancasila dalam kehidupan kampus.
  13. Pancasila sebagai paradigma pengembangan IPTEKS.

Materi nomor 1 s/d. 7 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter individual, sedang materi nomor 8 s/d. 13 dimaksudkan sebagai materi pembentukan karakter kolektif sebagai warganegara Republik Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu  menerapkan  pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  1. Keterampilan Khusus
  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar

4. Penguasaan Pengetahuan

a.  Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar(C5)

b.  Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah dasar(C5

References

Referensi :

  1. Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  2. Arifin. & Barnawi. 2014. Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Gava Media
  3. Arifin. & Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung:Pustaka Setia.
  5. Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
  6. Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  7. Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
  8. Suhardan. 2010. Supervisi Profesional. Bandung : Alfabeta.
  9. Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama


Details ...