Strategi Belajar Mengajar, Curriculum : 2010


Courser in EnglishTeaching Learning Strategy
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran yang ada di lembaga PAUD.

 

Pertemuan Ke-

 

Kemampuan akhir yang direncanakan

 

Bahan Kajian

 

Metode & Bentuk Pembelajaran

 

Pengalaman

Belajar

 

Alokasi Waktu

 

 

Metode Penilaian

 

 

Bobot Penilaian

TM

TT

1

Kontrak kuliah

Kontrak kuliah

Diskusi

Tanya jawab

 

Kesepakatan kontrak kuliah selama 1 semester

3 x 50 menit

150 menit

 

 

2

Mampu menjelaskan konsep strategi belajar

Konsep Strategi Belajar Mengajar

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai konsep strategi belajar
  • Melakukan diskusi mengenai konsep strategi belajar
  • Menemukan sumber tentang  konsep strategi belajar.

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

4 %

3

Mampu menjelaskan  hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar

Hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
  • Melakukan diskusi mengenai  hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
  • Menemukan sumber tentang  hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

4%

4

Mampu menjelaskan  makna belajar dan faktor pendukung belajar

Makna belajar dan faktor pendukung belajar

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai makna belajar dan faktor pendukung belajar
  • Melakukan diskusi mengenai  makna belajar dan faktor pendukung belajar
  • Menemukan sumber tentang  makna belajar dan faktor pendukung belajar

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

5

Mampu membedakan  pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran

  1. endekatan, strategi, model, metode pembelajaran

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran
  • Melakukan diskusi mengenai  pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran
  • Menemukan sumber tentang  pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran

 

 

 

4%

6

Mampu membedakan masing-masing pendekatan pembelajaran

Pendekatan pembelajaran

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai pendekatan pembelajaran
  • Melakukan diskusi mengenai  pendekatan pembelajaran
  • Menemukan sumber tentang  pendekatan pembelajaran

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

7

Mampu membedakan masing-masing model pembelajaran

Model pembelajaran

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai model pembelajaran
  • Melakukan diskusi mengenai  model pembelajaran
  • Menemukan sumber tentang  model pembelajaran

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

8

UTS

         -

            -

                       -

3 x 50 menit

150 menit

          -

20%

9

Mampu membedakan masing-masing metode pembelajaran

Metode pembelajaran

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai metode pembelajaran
  • Melakukan diskusi mengenai  metode pembelajaran
  • Menemukan sumber tentang  metode pembelajaran

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

10

Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar

Keberhasilan Belajar Mengajar

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai keberhasilan belajar mengajar
  • Melakukan diskusi mengenai  keberhasilan belajar mengajar
  • Menemukan sumber tentang  keberhasilan belajar mengajar

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

11

Mampu merancang dan mengembang kan media pembelajaran

Media Belajar

Diskusi, kuis

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai media pembelajaran
  • Melakukan diskusi mengenai  media pembelajaran
  • Menemukan sumber tentang  media pembelajaran

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

12

Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran

Sumber Belajar

Diskusi, kuis, penugasan

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai sumber pembelajaran
  • Melakukan diskusi mengenai  sumber pembelajaran
  • Menemukan sumber tentang  sumber pembelajaran

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

13

Mampu merancang variasi mengajar

Variasi Mengajar

Diskusi

 

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai variasi mengajar
  • Melakukan diskusi mengenai variasi mengajar
  • Menemukan sumber tentang variasi mengajar

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

14

Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan  problematika pengelolaan kelas 

Pengelolaan Kelas

Diskusi, penugasan

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai pengelolaan kelas
  • Melakukan diskusi mengenai  hakikat, ciri dan komponen belajar mengajar
  • Menemukan sumber tentang  pengelolaan kelas

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

15

Mampu merancang PTK berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat

PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan Praktik Penyusunan PTK

Praktik

  • Melakukan eksplorasi dari berbagai sumber  mengenai PTK berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
  • Melakukan diskusi mengenai PTK berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat
  • Merancang PTK berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat

3 x 50 menit

150 menit

Pemahaman dan mengerjakan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa)

 

4%

16

UAS

           -

            -

                         -

3 x 50 menit

150 menit

          -

25%

References

1) Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

2) Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia

3) Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

4) Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

5) Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

6) Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

7) Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

8) Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran yang ada di lembaga PAUD.

References

1) Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

2) Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia

3) Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

4) Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

5) Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

6) Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

7) Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

8) Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM di sekolah.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan strategi belajar mengajar ke dalam rencana pembelajaran yang ada di lembaga PAUD

References

Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Strategi Belajar Mengajar; Hakikat, Ciri, dan Kompenen Strategi Belajar Mengajar; Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar; Pendekatan, Strategi, Model, Metode Pembelajaran; Pendekatan Pembelajaran; Model Pembelajaran; Metode pembelajaran; Keberhasilan Belajar; Media belajar; Sumber belajar; Variasi mengajar; Pengelolaan kelas; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan Praktek Penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan Strategi Belajar Mengajar ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.

References

 

1.Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

2.Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

3.Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia

4.Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

5.Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang Konsep Strategi Belajar Mengajar; Hakikat, Ciri, dan Kompenen Strategi Belajar Mengajar; Makna Belajar dan Faktor Pendukung Belajar; Pendekatan, Strategi, Model, Metode Pembelajaran; Pendekatan Pembelajaran; Model Pembelajaran; Metode pembelajaran; Keberhasilan Belajar; Media belajar; Sumber belajar; Variasi mengajar; Pengelolaan kelas; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan Praktek Penyusunan RPP.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan Strategi Belajar Mengajar ke dalam Rencana Pembelajaran PAUD.

References

 

1.Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

2.Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

3.Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia

4.Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

5.Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Yuma Presindo


Details ...