Microteaching , Curriculum : 2021


Courser in EnglishMICROTEACHING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan microteaching terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik
bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan
peer teaching. Kegiatan mcroteacing terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang
selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3)
praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah,
merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Allen, Dwight and Kevin Ryan. 1969. Microteaching, University of Massachusetts and University of Chicago, Addison-Wesley Publising Company Inc.

Andrews, DH & Goodson, LA., 1980. A Comparative Analysis of Instructional Design Model. Journal of Instructional Development, 3(4) 2-16.

Bertalanffy, Von, L. 1968. General System Theory. New York: Braziller.

Dahar, Ratna Wilis. 1998. Teori-teori Belajar, Jakarta: Depertement Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Darmansyah, 2010. Pembelajaran Berbasis WEB Teori Konsep dan Aplikasi. Universitas Negeri Padang Press.

E. Bell Gretler, Margaret. 1994. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hovland, Carl, L. 1953.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan microteaching terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik
bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan
peer teaching. Kegiatan mcroteacing terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang
selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3)
praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah,
merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Allen, Dwight and Kevin Ryan. 1969. Microteaching, University of Massachusetts and University of Chicago, Addison-Wesley Publising Company Inc.

Andrews, DH & Goodson, LA., 1980. A Comparative Analysis of Instructional Design Model. Journal of Instructional Development, 3(4) 2-16.

Bertalanffy, Von, L. 1968. General System Theory. New York: Braziller.

Dahar, Ratna Wilis. 1998. Teori-teori Belajar, Jakarta: Depertement Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Darmansyah, 2010. Pembelajaran Berbasis WEB Teori Konsep dan Aplikasi. Universitas Negeri Padang Press.

E. Bell Gretler, Margaret. 1994. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hovland, Carl, L. 1953.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan microteaching terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik
bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan
peer teaching. Kegiatan mcroteacing terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang
selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3)
praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah,
merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Allen, Dwight and Kevin Ryan. 1969. Microteaching, University of Massachusetts and University of Chicago, Addison-Wesley Publising Company Inc.

Andrews, DH & Goodson, LA., 1980. A Comparative Analysis of Instructional Design Model. Journal of Instructional Development, 3(4) 2-16.

Bertalanffy, Von, L. 1968. General System Theory. New York: Braziller.

Dahar, Ratna Wilis. 1998. Teori-teori Belajar, Jakarta: Depertement Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Darmansyah, 2010. Pembelajaran Berbasis WEB Teori Konsep dan Aplikasi. Universitas Negeri Padang Press.

E. Bell Gretler, Margaret. 1994. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hovland, Carl, L. 1953.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan microteaching terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik
bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan
peer teaching. Kegiatan mcroteacing terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang
selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3)
praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah,
merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Allen, Dwight and Kevin Ryan. 1969. Microteaching, University of Massachusetts and University of Chicago, Addison-Wesley Publising Company Inc.

Andrews, DH & Goodson, LA., 1980. A Comparative Analysis of Instructional Design Model. Journal of Instructional Development, 3(4) 2-16.

Bertalanffy, Von, L. 1968. General System Theory. New York: Braziller.

Dahar, Ratna Wilis. 1998. Teori-teori Belajar, Jakarta: Depertement Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Darmansyah, 2010. Pembelajaran Berbasis WEB Teori Konsep dan Aplikasi. Universitas Negeri Padang Press.

E. Bell Gretler, Margaret. 1994. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hovland, Carl, L. 1953.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik bidang studi dan
menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan peer teaching.
Kegiatan microteaching terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang selama 1
minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3) praktik
peer teaching di kampus. Mata kuliah ini bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik
bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta mempraktikkannya dalam latihan
peer teaching. Kegiatan mcroteacing terdiri dari 3 bagian : Telaah perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran dan sistem evaluasi melalui Magang
selama 1 minggu di sekolah latihan, 1) mempresentasikan hasil kajian peranghkat pembelajaran dalam bentuk diskusi terbimbing di kelas kampus, 3)
praktik peer teaching di kampus.

Learning Outcomes

Mahasiswa penuh percaya diri menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga mampu menelaah,
merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terbatas guna menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui latihan peer teaching.

References

Allen, Dwight and Kevin Ryan. 1969. Microteaching, University of Massachusetts and University of Chicago, Addison-Wesley Publising Company Inc.

Andrews, DH & Goodson, LA., 1980. A Comparative Analysis of Instructional Design Model. Journal of Instructional Development, 3(4) 2-16.

Bertalanffy, Von, L. 1968. General System Theory. New York: Braziller.

Dahar, Ratna Wilis. 1998. Teori-teori Belajar, Jakarta: Depertement Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Darmansyah, 2010. Pembelajaran Berbasis WEB Teori Konsep dan Aplikasi. Universitas Negeri Padang Press.

E. Bell Gretler, Margaret. 1994. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hovland, Carl, L. 1953.

 


Details ...