Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam berbahasa Indonesia seara baik dan benar, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, dan mampu menguasai sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan |
|
Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.
Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.
Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.
Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.
Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.
Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
- Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
- Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
- Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
mata kuliah bahasa Indonesia berbobot 2 sks yang termasuk dalam mata kuliah umum universiter. dalam mata kuliah ini mengenai seluk beluk bahasa Indonesia, mulai dari sejarah bahasa Indonesia, ragam bahasa Indonesia, ejaan bahasa Indonesia, sampai dengan penulisan kalimat, paragraf, dan esai yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Learning Outcomes- Menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi, sikap etis dan estetis serta komunikatif dalam berbahasa Indonesia.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis dan berbahasa Indonesia dalam ranah tulis dan lisan.
- Mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia, yang baik dan benar, secara kualitas dan terukur.
Daftar Pustaka:
Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan membekali mahasiswa dalam penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik ragam tulis maupun lisan dalam berbagai kepentingan kehidupannya.
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai keterampilan dalam penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik ragam tulis maupun lisan dalam berbagai kepentingan kehidupannya.
ReferencesAbidin, Djamalul. 1996. Komunikasi dan Bahasa Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Arifin, E. Zaenal. 1991. Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Arifin, E. Zaenal dan S Amran Tasai.1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Depdikbud. 1998. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 2004. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 1997. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Agam RI. 2003. Pedoman Transliterasi Arab-Latin. Jakarta: Balitbang Agam dan Diklat Keagamaan.
Halim, Amran. 1976. Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Depdikbud, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.
Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andy Offset.
Details ...