Courser in English | COUNSELING TECHNIQUES |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, matakuliah ini di desain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
- Kursi Kosong
Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
KeterampilanUmum
- Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
Penguasaan pengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
KeterampilanKhusus
- Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References
- Arintoko. 2011.Wawancara Konseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli & MandrihuTayeb. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. DirjenDikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. Pengantar Keterampilan Konseling. PustakaBelajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. Keterampilan Praktik Konseling. Pendekatan Integratif. Yogyakarta. Pustaka Belajar
- Retno T &EkoDarminto. 2007. Keterampin-keterampilan Dasar dalam Konseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. Pendekatan dalam Konseling .Jakarta : PPPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, matakuliah ini di desain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
- Kursi Kosong
Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
KeterampilanUmum
- Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
Penguasaan pengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
KeterampilanKhusus
- Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References
- Arintoko. 2011.Wawancara Konseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli & MandrihuTayeb. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. DirjenDikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. Pengantar Keterampilan Konseling. PustakaBelajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. Keterampilan Praktik Konseling. Pendekatan Integratif. Yogyakarta. Pustaka Belajar
- Retno T &EkoDarminto. 2007. Keterampin-keterampilan Dasar dalam Konseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. Pendekatan dalam Konseling .Jakarta : PPPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, matakuliah ini di desain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
- Kursi Kosong
1.Sikapdan Tata Nilai
a.Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2.KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3.Penguasaanpengetahuan
a.Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
b.Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
4.KeterampilanKhusus
Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Arintoko. 2011.WawancaraKonseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli &MandrihuTayeb. 1996. TeknikdanLaboratoriumKonseling. DirjenDikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. PengantarKeterampilanKonseling. PustakaBelajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. KeterampilanPraktikKonseling. PendekatanIntegratif. Yogyakarta. PustakaBelajar
- Retno T &EkoDarminto. 2007. Keterampin-keterampilanDasardalamKonseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. PendekatandalamKonseling .Jakarta : PPPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, matakuliah ini di desain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
- Kursi Kosong
1.Sikapdan Tata Nilai
a.Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2.KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3.Penguasaanpengetahuan
a.Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
b.Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
4.KeterampilanKhusus
Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Arintoko. 2011.WawancaraKonseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli &MandrihuTayeb. 1996. TeknikdanLaboratoriumKonseling. DirjenDikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. PengantarKeterampilanKonseling. PustakaBelajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. KeterampilanPraktikKonseling. PendekatanIntegratif. Yogyakarta. PustakaBelajar
- Retno T &EkoDarminto. 2007. Keterampin-keterampilanDasardalamKonseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. PendekatandalamKonseling .Jakarta : PPPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
- Kursi Kosong
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapistres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
a. Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
b. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Arintoko. 2011.Wawancara Konseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli & Mandrihu Tayeb. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Dirjen Dikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. Pengantar Keterampilan Konseling. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. Keterampilan Praktik Konseling. Pendekatan Integratif. Yogyakarta. Pustaka Belajar
- Retno T & Eko Darminto. 2007. Keterampin-keterampilan Dasar dalam Konseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. Pendekatan dalam Konseling . Jakarta : PPPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
- Kursi Kosong
- Sikap dan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapistres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- Keterampilan Umum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaan pengetahuan
a. Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
b. Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Arintoko. 2011.Wawancara Konseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli & Mandrihu Tayeb. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Dirjen Dikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. Pengantar Keterampilan Konseling. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. Keterampilan Praktik Konseling. Pendekatan Integratif. Yogyakarta. Pustaka Belajar
- Retno T & Eko Darminto. 2007. Keterampin-keterampilan Dasar dalam Konseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. Pendekatan dalam Konseling . Jakarta : PPPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, matakuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
Kursi Kosong
Learning Outcomes1. Sikapdan Tata Nilai
a. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa
b. Menunjukan kepekaan dan kepedualian terhadap permasalahn pridadi, sosial remaja
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapistres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
a. Mampu mengaplikasikan bimbingan dan konseling dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelsaian masalah konseli
b. Menguasaia teori secara mendalam serta memfokuskan dalam penyelsaian masalah
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
4. Keterampilan khusus
Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Arintoko. 2011.WawancaraKonseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli &MandrihuTayeb. 1996. TeknikdanLaboratoriumKonseling. DirjenDikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. PengantarKeterampilanKonseling. PustakaBelajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. KeterampilanPraktikKonseling. PendekatanIntegratif. Yogyakarta. PustakaBelajar
- Retno T &EkoDarminto. 2007. Keterampin-keterampilanDasardalamKonseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. PendekatandalamKonseling .Jakarta : PLPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...
Mata kuliah ini akan memberikan pengalaman penerapan teknik-teknik dalam konseling. Dalam pelaksanaanya, matakuliah ini didesain untuk memberikan pengetahuan dasar teknik-teknik konseling secara teoritis dan praktis yang meliputi keterampilan :
- Desensitisasi Sistematis
- Restrukturisasi Kognitif
- Relaksasi
- Modelling
- Assertive Training
- Thougt Stopping
Kursi Kosong
Learning Outcomes1. Sikapdan Tata Nilai
a. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa
b. Menunjukan kepekaan dan kepedualian terhadap permasalahn pridadi, sosial remaja
c. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
d. Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapistres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
a. Mampu mengaplikasikan bimbingan dan konseling dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelsaian masalah konseli
b. Menguasaia teori secara mendalam serta memfokuskan dalam penyelsaian masalah
c. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
4. Keterampilan khusus
Mampu memahami konsep teori dan teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References- Arintoko. 2011.WawancaraKonseling di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta
- Abimayu. Soli &MandrihuTayeb. 1996. TeknikdanLaboratoriumKonseling. DirjenDikti. Jakarta
- Ricard Nelson. 2012. PengantarKeterampilanKonseling. PustakaBelajar. Yogyakarta.
- Nelson Ricard-Jones. 2004. Basic Counselling Skills. California
- Nelson Ricard-Jones. 2005. Counselling Skills. Thounsand. California
- Geldard K, David K. 2011. KeterampilanPraktikKonseling. PendekatanIntegratif. Yogyakarta. PustakaBelajar
- Retno T &EkoDarminto. 2007. Keterampin-keterampilanDasardalamKonseling. UNNESA. Surabaya.
- Sugiharto. 2005. PendekatandalamKonseling .Jakarta : PLPG
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Details ...