Courser in English | LIVING ENVIRONMENT EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan saling ketergantungan dalam kehidupan di alam, masalah kerusakan lingkungan akibat perilaku manusia, pertanggungjawaban terhadap hidup berkelanjutan dan kelestarian alam serta permasalahan Indonesia dalam interaksinya dengan lingkungan regional dan global. Karenanya mata kuliah membahas tentang Perkembangan dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup, Manusia, Energi dan Sumber Daya Alam, Manusia dan Air, Manusia dan Lahan, Manusia dan Udara, Penduduk, Sumber Daya Alam, dan Kerusakan Lingkungan, Etika Lingkungan, Eko-Efisiensi, serta Permasalahan Lingkungan Global.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di Sekolah Dasar
- Mahasiswa menerapkan materi pembelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di Sekolah Dasar
- Anderson, H.A et al. 1993. Environmental Science. McMillan Publishing Company. New York.
- Kementerian Lingkungan Hidup. 2000. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 42 Tahun 2000 tentang Penilai dan Tim Teknis Analisis Mengenai Lingkungan Hidup Pusat.
- Samidjo, dkk. 1999. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Utaya, Sugeng, dkk. 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SD Kelas 1-6. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup. Malang: Universitas Negeri Malang.
Details ...
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan saling ketergantungan dalam kehidupan di alam, masalah kerusakan lingkungan akibat perilaku manusia, pertanggungjawaban terhadap hidup berkelanjutan dan kelestarian alam serta permasalahan Indonesia dalam interaksinya dengan lingkungan regional dan global. Karenanya mata kuliah membahas tentang Perkembangan dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup, Manusia, Energi dan Sumber Daya Alam, Manusia dan Air, Manusia dan Lahan, Manusia dan Udara, Penduduk, Sumber Daya Alam, dan Kerusakan Lingkungan, Etika Lingkungan, Eko-Efisiensi, serta Permasalahan Lingkungan Global.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di Sekolah Dasar
- Mahasiswa menerapkan materi pembelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di Sekolah Dasar
- Anderson, H.A et al. 1993. Environmental Science. McMillan Publishing Company. New York.
- Kementerian Lingkungan Hidup. 2000. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 42 Tahun 2000 tentang Penilai dan Tim Teknis Analisis Mengenai Lingkungan Hidup Pusat.
- Samidjo, dkk. 1999. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Utaya, Sugeng, dkk. 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SD Kelas 1-6. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup. Malang: Universitas Negeri Malang.
Details ...
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan saling ketergantungan dalam kehidupan di alam, masalah kerusakan lingkungan akibat perilaku manusia, pertanggungjawaban terhadap hidup berkelanjutan dan kelestarian alam serta permasalahan Indonesia dalam interaksinya dengan lingkungan regional dan global. Karenanya mata kuliah membahas tentang Perkembangan dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup, Manusia, Energi dan Sumber Daya Alam, Manusia dan Air, Manusia dan Lahan, Manusia dan Udara, Penduduk, Sumber Daya Alam, dan Kerusakan Lingkungan, Etika Lingkungan, Eko-Efisiensi, serta Permasalahan Lingkungan Global.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mahasiswa mampu menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di Sekolah Dasar
- Mahasiswa menerapkan materi pembelajaran PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup) di Sekolah Dasar
- Anderson, H.A et al. 1993. Environmental Science. McMillan Publishing Company. New York.
- Kementerian Lingkungan Hidup. 2000. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 42 Tahun 2000 tentang Penilai dan Tim Teknis Analisis Mengenai Lingkungan Hidup Pusat.
- Samidjo, dkk. 1999. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Utaya, Sugeng, dkk. 2009. Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SD Kelas 1-6. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup. Malang: Universitas Negeri Malang.
Details ...
menjelaskan dan mengamati kejadian-kejadian lingkungan di sekitar kita
Learning Outcomesmahasiswa mampu mencari permasalahan di lingkungan dan cara mengatasinya
Referencesmodul PLH. PGSD UPGRIS
Details ...
menjelaskan dan mengamati kejadian-kejadian lingkungan di sekitar kita
Learning Outcomesmahasiswa mampu mencari permasalahan di lingkungan dan cara mengatasinya
Referencesmodul PLH. PGSD UPGRIS
Details ...
menjelaskan dan mengamati kejadian-kejadian lingkungan di sekitar kita
Learning Outcomesmahasiswa mampu mencari permasalahan di lingkungan dan cara mengatasinya
Referencesmodul PLH. PGSD UPGRIS
Details ...
menjelaskan dan mengamati kejadian-kejadian lingkungan di sekitar kita
Learning Outcomesmahasiswa mampu mencari permasalahan di lingkungan dan cara mengatasinya
Referencesmodul PLH. PGSD UPGRIS
Details ...
menjelaskan dan mengamati kejadian-kejadian lingkungan di sekitar kita
Learning Outcomesmahasiswa mampu mencari permasalahan di lingkungan dan cara mengatasinya
Referencesmodul PLH. PGSD UPGRIS
Details ...