Bahasa Inggris Informatika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishENGLISH FOR INFORMATICS
ProgramPendidikan Teknologi Informasi
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Sebagai alat komunikasi internasional, Bahasa Inggris dipelajari dan digunakan untuk dapat memahami materi ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari yang dikomunikasikan dalam Bahasa Inggris. Di perguruan tinggi, mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik terutama difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pemahaman materi yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mata kuliah ini diambil oleh peserta didik pada semester lima dengan harapan kompetensi yang diperoleh dari mata kuliah ini dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan peserta didik pada semester-semester berikutnya sepanjang masa studi.

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari Bahasa Inggris I. Fokus latihan tetap pada usaha peningkatan kemampuan membaca (reading), dengan pembahasan kosa kata dan tata bahasa tingkat lanjut. Bahan bacaan lebih ditingkatkan baik dalam jumlah kata maupun tingkat kesulitan (dengan memperbanyak latihan dari bahasa pendukung).

Melatih  menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah teknologi informasi dalam bahasa inggris. latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah teknologi informasi.

Mata kuliah ini memberikan latihan membaca (reading) teks-teks dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar/structure) yang lazim dipergunakan dalam bidang teknologi informasi. Latihan mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) kemampuan membaca. Pembahasan tata bahasa sebagian merupakan “review” tata bahasa di semester 1.

Learning Outcomes

 Tujuan dari mata kuliah ini yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi baik secara tertulis maupun berbicara dalam bahasa Inggris. Adapun materi yang dipelajari yaitu kemampuan dalam berbahasa Inggris (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis) sebagai praktek grammar dalam konteks teknologi informasi. Mengajarkan teknik umum berbahasa Inggris dalam memecahkan permasalahan teknologi informasi, berpresentasi, membaca dan mendengarkan; Kemampuan mahasiswa untuk teknik menulis soal yang berhubungan dengan teknologi informasi, membaca, memahami serta merangkum artikel dalam jurnal teknologi informasi internasional.

. Kegiatan perkuliahan berupa latihan membaca, memahami dan meningkatkan kosa kata dari naskah-naskah dan buku teks teknologi informasi, serta latihan mengungkapkan kembali atau mengkomunikasikan isi bacaan atau gagasan-gagasan terkait dengan bidang teknologi informasi baik secara tertulis maupun lisan

References

Gibilisco, S. (2004). Everyday Math Demystified. USA: The McGraw-Hill Co., Inc

 

Courant, R. & Robbins. (1996). What is Mathematics. New York: Oxford University Press, Inc.

 

Pyle, Michael A & Page, Mory Elien Munoz 2002. CLIFFS TOEFL Preparation Guide Hohn Wrley & Sors, Inc. USA.

Ellis, Mark & Nina O’Driscoll. 1992. socializing. Longman Group Ltd.

Aziz, Aminudin E. et. Al. 2003, Culture Based English For College Student. Penerbit: Grasindo

 

Azar, B.S. (1993). Understanding and Using English Grammer. Jakarta : Binarupa Aksara :.;

Gethin, R.H. and Macklin, R. (1969). English Study Series 6. : London : OxfordUniversity Press.;

Gumawang Jati. ( ). BELT(Basic English Language Training. Bandung : Pusat Bahasa Inggris ITB.

Butt, David. (1995). Using Functional Grammar. Australia : An Explorer’s Guide Sidney :

Curry Dean. (1984). Easy Does It. US Information Agency : Washington DC.;Greenbaum,

Hudari, Agus. (1982). Exercises in Verb Patterns. Jakarta : Bina Aksara.; Sharpe,

Pamela, J. (2000). How to Prepare for The TOEFL (9th edition).: Jakarta: Bina Rupa Aksara.  .

Sidney and Randolph Quirk. (1990). A Student’s Grammar of The English Language. England : Longman.


Details ...
Course Descriptions

Sebagai alat komunikasi internasional, Bahasa Inggris dipelajari dan digunakan untuk dapat memahami materi ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari yang dikomunikasikan dalam Bahasa Inggris. Di perguruan tinggi, mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik terutama difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pemahaman materi yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mata kuliah ini diambil oleh peserta didik pada semester lima dengan harapan kompetensi yang diperoleh dari mata kuliah ini dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan peserta didik pada semester-semester berikutnya sepanjang masa studi.

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari Bahasa Inggris I. Fokus latihan tetap pada usaha peningkatan kemampuan membaca (reading), dengan pembahasan kosa kata dan tata bahasa tingkat lanjut. Bahan bacaan lebih ditingkatkan baik dalam jumlah kata maupun tingkat kesulitan (dengan memperbanyak latihan dari bahasa pendukung).

Melatih  menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah teknologi informasi dalam bahasa inggris. latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah teknologi informasi.

Mata kuliah ini memberikan latihan membaca (reading) teks-teks dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar/structure) yang lazim dipergunakan dalam bidang teknologi informasi. Latihan mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) kemampuan membaca. Pembahasan tata bahasa sebagian merupakan “review” tata bahasa di semester 1.

Learning Outcomes

 Tujuan dari mata kuliah ini yaitu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi baik secara tertulis maupun berbicara dalam bahasa Inggris. Adapun materi yang dipelajari yaitu kemampuan dalam berbahasa Inggris (mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis) sebagai praktek grammar dalam konteks teknologi informasi. Mengajarkan teknik umum berbahasa Inggris dalam memecahkan permasalahan teknologi informasi, berpresentasi, membaca dan mendengarkan; Kemampuan mahasiswa untuk teknik menulis soal yang berhubungan dengan teknologi informasi, membaca, memahami serta merangkum artikel dalam jurnal teknologi informasi internasional.

. Kegiatan perkuliahan berupa latihan membaca, memahami dan meningkatkan kosa kata dari naskah-naskah dan buku teks teknologi informasi, serta latihan mengungkapkan kembali atau mengkomunikasikan isi bacaan atau gagasan-gagasan terkait dengan bidang teknologi informasi baik secara tertulis maupun lisan

References

Gibilisco, S. (2004). Everyday Math Demystified. USA: The McGraw-Hill Co., Inc

 

Courant, R. & Robbins. (1996). What is Mathematics. New York: Oxford University Press, Inc.

 

Pyle, Michael A & Page, Mory Elien Munoz 2002. CLIFFS TOEFL Preparation Guide Hohn Wrley & Sors, Inc. USA.

Ellis, Mark & Nina O’Driscoll. 1992. socializing. Longman Group Ltd.

Aziz, Aminudin E. et. Al. 2003, Culture Based English For College Student. Penerbit: Grasindo

 

Azar, B.S. (1993). Understanding and Using English Grammer. Jakarta : Binarupa Aksara :.;

Gethin, R.H. and Macklin, R. (1969). English Study Series 6. : London : OxfordUniversity Press.;

Gumawang Jati. ( ). BELT(Basic English Language Training. Bandung : Pusat Bahasa Inggris ITB.

Butt, David. (1995). Using Functional Grammar. Australia : An Explorer’s Guide Sidney :

Curry Dean. (1984). Easy Does It. US Information Agency : Washington DC.;Greenbaum,

Hudari, Agus. (1982). Exercises in Verb Patterns. Jakarta : Bina Aksara.; Sharpe,

Pamela, J. (2000). How to Prepare for The TOEFL (9th edition).: Jakarta: Bina Rupa Aksara.  .

Sidney and Randolph Quirk. (1990). A Student’s Grammar of The English Language. England : Longman.


Details ...