Pendidikan Pancasila, Curriculum : 2018


Courser in EnglishPANCASILA EDUCATION
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS94 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua mahasiswa program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia, aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mampu menunjukkan karakter dan Adab yang mencerminkan kemampuan beradaptasi, antusiasme dan integritas sebagai wujud ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Mengevaluasi dan mengintegrasikan konsep-konsep keagamaan, kebangsaan, konstitusi, kebahasaan, kewirausahaan berbasis teknologi dengan nilai-nilai 5A (anti kekerasan, anti narkoba, anti perundungan, anti intoleransi, dan anti korupsi) untuk mendukung pengembangan ilmu dan praktik profesional 

References

Utama

 

  1. Dodo, Surono dan Endah. (2010). Konsistensi Nilai-Nilai Pancasila dalam UUD 1945 dan Implementasinya, PSP-Press, Yogyakarta. Hidayat, Arief (2012),“Negara Hukum Pancasila (Suatu Model Ideal Penyelenggaraan Negara Hukum”, Makalah pada Kongres Pancasila IV di UGM Yogyakarta tanggal 31 Mei-1 Juni 2012.
  2. Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta.
  3. _______, 2012,Problem Epistemologis Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, Paradigma, Yogyakarta.
  4. Latif, Yudi, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
  5. MD, Moh. Mahfud, 2011, “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Menegakkan Konstitusionalitas Indonesia”, Makalah pada Sarasehan Nasional 2011 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tanggal 2-3 Mei 2011.
  6. Notosusanto, Nugroho,1981, Proses Perumusan Pancasila Dasar Negara, PN Balai Pustaka, Jakarta.
  7. Roza, P., Jusuf, A.G., & Munaf, D.R. (2015). Memahami dan Memaknai Pancasila sebagai Ideologi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 
  8. Bakry, Noor. (2014). Pendidikan Pancasila, Cetakan Kedua, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
  9. Winarno. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara.

Pendukung

 

  1. Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila, Cetakan Pertama, Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.
  2. Surya, Lukman dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemendikbud.
  3. Sutono, Agus. (2020). Filsafat Pancasila Jalan Tengah Problem Filosofis Individualitas dan Sosialitas Manusia, Cetakan Pertama, UPT Universitas PGRI Semarang, Semarang.
  4. Budiarjo, Miriam. (2015). Dasar-dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta.
  5. Noorzeha, Fuad dan Septiana Dwi Putri Maharani. (2024) Aktualisasi Pancasila sebagai Upaya Penghayatan Humanis: Relevansinya pada Reklamasi dan Relokasi Berdasarkan UU Pembangunan Nasional VOL 7 NO 1 (2024): VOLUME 7 NOMOR 1 JUNI 2024 jurnal Widya Kerta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan,  dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

References

  1. Heru  Santosa,  dkk.  2002.  Sari  Pendidikan  Pancasila,  Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
  2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
  3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
  4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
  5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
  6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
  7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
  8. C.S.T. Kansil, dkk    Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
  9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
  10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,


Details ...