Courser in English | ISLAM EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
- Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
- Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
Details ...
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT serta memperluas wawasan hidup beragama demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak, yang meliputi :
Manusia dan Agama, Konsep Iman, Islam dan Ihsan dalam membentuk insan kamil, konsep etika, moral dan akhlak (anti korupsi, anti bullying, anti toleransi, anti kekerasan seksual), Membumikan Islam di Indonesia, Islam membangun persatuan dalam keberagaman, Islam dan tantangan modernisasi, Kontribusi Islam dalam pengembangan peradaban Dunia, Demokrasi dan HAM dalam perspektif islam, dan Politik dan Hukum Islam
Learning Outcomes
Sikap (S)
|
S1.
S2.
S5.
S8. |
Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
Pengetahuan (P)
|
P1. |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. |
Keterampilan Umum (KU) |
KU1.
KU2. KU5.
KU8. |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
Keterampilan Khusus (KK) |
KK1.
KK2.
KK3. |
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. |
- Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahaiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, 2016, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi.
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Ali, Muhammad Daud, Prof, SH, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, PT Raja Grafindo Perkasa, 2000
- Al Qur’an dan Terjemahannya.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan
Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan (Mata Kuliah) :
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
- Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari
References
|
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam. |
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
- Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari
- Al Qur’an dan Terjemahannya
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Rasjidi, H.M dkk, 1997, Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat. Jakarta : Depag RI.
- Saebani, Beni Ahmad, 2007, Sosiologi Agama. Bandung : Refika Aditama.
- Sulaiman, Syamlan dan A. Albuny, Djamaludin, 1988, Pengantar Studi Islam. Yogyakarta : DALB Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam. |
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
- Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari
- Al Qur’an dan Terjemahannya
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Rasjidi, H.M dkk, 1997, Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat. Jakarta : Depag RI.
- Saebani, Beni Ahmad, 2007, Sosiologi Agama. Bandung : Refika Aditama.
- Sulaiman, Syamlan dan A. Albuny, Djamaludin, 1988, Pengantar Studi Islam. Yogyakarta : DALB Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.
Learning Outcomes- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
- Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari
- Al Qur’an dan Terjemahannya
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Rasjidi, H.M dkk, 1997, Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat. Jakarta : Depag RI.
- Saebani, Beni Ahmad, 2007, Sosiologi Agama. Bandung : Refika Aditama.
- Sulaiman, Syamlan dan A. Albuny, Djamaludin, 1988, Pengantar Studi Islam. Yogyakarta : DALB Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.
Learning Outcomes- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
- Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari
- Al Qur’an dan Terjemahannya
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Rasjidi, H.M dkk, 1997, Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat. Jakarta : Depag RI.
- Saebani, Beni Ahmad, 2007, Sosiologi Agama. Bandung : Refika Aditama.
- Sulaiman, Syamlan dan A. Albuny, Djamaludin, 1988, Pengantar Studi Islam. Yogyakarta : DALB Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan (Mata Kuliah) :
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
- Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari
Referensi :
- Al Qur’an dan Terjemahannya
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Rasjidi, H.M dkk, 1997, Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat. Jakarta : Depag RI.
- Saebani, Beni Ahmad, 2007, Sosiologi Agama. Bandung : Refika Aditama.
- Sulaiman, Syamlan dan A. Albuny, Djamaludin, 1988, Pengantar Studi Islam. Yogyakarta : DALB Press.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Lulusan (Mata Kuliah) :
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral dan etika
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Mampumenganalisis konsep teori tentang nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak
- Mampu menerapkan nilai-nilai ajaran islam yang meliputi akidah, syari’ah maupun akhlak dalam kehidupan sehari-hari
Referensi :
- Al Qur’an dan Terjemahannya
- Rahmat Rais, Drs. H. M.Ag, dan M. Durri An Na’im, Drs. H. M.Pd.I, Pengembangan Kepribadian Dalam Pendidikan Islam, CV. Ghyyas Putra, Semarang, 2012.
- Anshari, Endang Saifudin, 1984, Ilmu, Filsafat, dan Agama. Jakarta :Bulan Bintang.
- Azra’ Azyumardi dkk, 2002, Buku Teks Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Depag RI.
- Daradjat, Zakiah dkk, 1996, Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta : Bulan Bintang.
- Rasjidi, H.M dkk, 1997, Islam untuk Disiplin Ilmu Filsafat. Jakarta : Depag RI.
- Saebani, Beni Ahmad, 2007, Sosiologi Agama. Bandung : Refika Aditama.
- Sulaiman, Syamlan dan A. Albuny, Djamaludin, 1988, Pengantar Studi Islam. Yogyakarta : DALB Press.
Details ...