Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester I dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah menjelaskan dan memberi pemahaman tentang pendidikan: Pendidikan sebagai ilmu Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. Tujuan pendidikan. Subyek dan obyek pendidikan. Lingkungan dan lembaga pendidikan. Alat pendidikan. Isi dan metode pendidikan. Masalah pendidikan. Isi dan maksud pendidikan karakter. Pancasila sebagai pendidikan karakter. Etika dan budi pekerti. Nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, Prinsip pendidikan moral. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5) |
Menguasai konsep-konsep dasar landasan kependidikan di Indonesia (P1) |
Drijarkara. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.
Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.
Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Halam 23-56.
Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.
Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.
Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.
Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.
Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Halamn 1-15.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.
Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.
Details ...
Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa PBSI semester I dengan beban 2 sks dalam satu semester. Mata kuliah menjelaskan dan memberi pemahaman tentang pendidikan: Pendidikan sebagai ilmu Landasan dan Ilmu bantu pendidikan. Tujuan pendidikan. Subyek dan obyek pendidikan. Lingkungan dan lembaga pendidikan. Alat pendidikan. Isi dan metode pendidikan. Masalah pendidikan. Isi dan maksud pendidikan karakter. Pancasila sebagai pendidikan karakter. Etika dan budi pekerti. Nilai-nilai: kebaikan dan keutamaan; kebebasan dan tanggung jawab; hak dan kewajiaban, Prinsip pendidikan moral. |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S4) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (S5) |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5) |
Menguasai konsep-konsep dasar landasan kependidikan di Indonesia (P1) |
Drijarkara. 1961 “Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) di Bogor, Tanggal 25 s/d 28 Agustus 1961. Dalam Kumpulan Karangan, Halaman 239-270.
Drost. SJ., J. 2000. Reformasi Pengajaran: Salah Asuhan Orangtua? Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Halaman 1, 15, 21.
Finger, Matthias & Jose Manuel Asun. 2004. Quo Vadis Pendidikan Orang Dewasa. Yogyakarta: Pustaka Kendi. Halaman 1-14.
Komar, H. Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. Halam 23-56.
Moor, T.W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. Library of the Philosophy of Education. London: Routledge & Kegan Paul. Halaman 1-20.
Mudyahardjo, Redja. 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Risdakarya. Halaman 3-40.
Muhadjir, H. Noeng. 2003. Ilmu Pendiidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta: Rake Sarasin. Halaman 1-32.
Munib, Ahmad. T.t. Pengantar Ilu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Halaman 23-54.
Pidarta, Made. T.t. Landasan Kependiidkan: Stimulus Ilmu Pendiidkan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Halaman 1-38.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 3-17.
Sadulloh, Uyoh. 2006. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Halamn 1-15.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Halaman 1-15.
Tanlain, Wens dkk. 1989. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: APTIK – Penerbit PT Gramedia. Halaman 3-11.
Details ...