Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari secara komprehensif tentang strategi pembelajaran serta perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran. Pembahasan difokuskan pada konsep dasar pembelajaran, model-model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan kurikulum. Di dalam setiap pokok pembahasan, selalu dikaitkan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
Learning OutcomesCPL Calon Guru Sekolah Dasar: Guru Sekolah Dasar baik formal maupun nonformal yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkarakter melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an dan pembelajarannya, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, serta potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
CPL Asisten Peneliti Bidang ke-SD-an: Pengkaji permasalahan pendidikan di Sekolah Dasar melalui penyusunan rancangan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan penelitian yang bebas dari plagiarisme, dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa Pancasila, dengan didukung kemampuan berbahasa dan berkesenian, penguasaan teknologi informatika, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitian pendidikan
References
Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta. |
Grafura Lubis, Ari Wijayanti. 2016. 100 Masalah Pembelajaran Indentifikasi dan Solusi Masalah Teknis Pengelolaan Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Kusaeri. 2014. Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. |
Mulyasa, Dadang Iskandar, Wiwik Dyah Aryani. 2016. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Sesuai Standar Proses. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. |
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2015. Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. |
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. |
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Terjemahan oleh Raisul Muttaqien. Bandung: Nusamedia. |
Suripto. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish. |
Uno, Hamzah B, Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. |
Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2016. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD. |
Details ...