Bermain & Permainan, Curriculum : 2014


Courser in EnglishPLAYING AND GAMES
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengantar konsep dan teori bermain, (2) bermain dan perkembangan anak, (3) perkembangan dan jenis bermain, (4) kegiatan bermain di dalam dan luar sekolah, (5) lingkungan dan alat bermain, (6) Terapi bermain. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu  memahami konsep dan praktik bermain dan permainan bagi anak usia dini sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak usia dini dengan tepat.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Bermain dan Permainan, mahasiswa mampu memahami hakikat bermain dan permainan anak usia dini, strategi pengembangan kegiatan bermain, merancang kegiatan bermain yang sesuai tahap perkembangan, bermakna dan menyenangkan bagi anak

References

Abidin, Y. 2009. Bermain: Pengantar bagi Penerapan BCCT dalam Dimensi

PAUD. Bandung: Rizqi Press.

Dockett, S. dan Fleer, M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood:    Bending the Rules. Sydney: Harcourt.

Drewes, A.A. dan Scaefer, C.E. 2010. School Based Play Therapy. New    Jersey: John Wiley&Sons Inc.

Essa, E.L. 2003.Introduction to Early Childhood Education. Canada:          Thomson Delmar Learning Inc.

Goldstein, J.H (eds). 1994. Toys, Play, and Child Development. Australia. Cambridge University Press.

Harding, J. dan Meldon-Smith, L. 2002.Play in Early Childhood: From Birth         to Six Years. New York: Routledge.

Johnson, Christie, dan Yawkey. 1999. Play and Early Childhood    Development. New York: Longman.

Jones, E. dan Cooper, R.M. 2006.Play to Get Smart. New York: Teachers College Columbia University.

Lauwaert, M. 2009. The Place of Play. Amsterdam: Amsterdam University            Press.

Lewis, G dan Beson. 2004. Game for Children. New York: Canada: Thomson Delmar Learning Inc.

Miller, L.G. dan Gibbs, M.J. 2002.Making Toys for Preschool Children.

Maryland: Gryphon House Inc.

Singer, Golinkoff, dan Hirsh-Pasek. 2006. Play=Learning: How Play          Motivates and Enhances Children’s Cognitive and Social Emotional    Growth. New York: Oxford University Press.

Wortham, S.C. 2005. Assesment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Szymanski, M.M. dan Neuborne,E. 2004. Toy Tips: A Parent’s Essential    Guide to Smart Toy Choise. San Francisco: Jossey-Bass


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengantar konsep dan teori bermain, (2) bermain dan perkembangan anak, (3) perkembangan dan jenis bermain, (4) kegiatan bermain di dalam dan luar sekolah, (5) lingkungan dan alat bermain, (6) Terapi bermain. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu  memahami konsep dan praktik bermain dan permainan bagi anak usia dini sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak usia dini dengan tepat.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Bermain dan Permainan, mahasiswa mampu memahami hakikat bermain dan permainan anak usia dini, strategi pengembangan kegiatan bermain, merancang kegiatan bermain yang sesuai tahap perkembangan, bermakna dan menyenangkan bagi anak

References

Abidin, Y. 2009. Bermain: Pengantar bagi Penerapan BCCT dalam Dimensi

PAUD. Bandung: Rizqi Press.

Dockett, S. dan Fleer, M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood:    Bending the Rules. Sydney: Harcourt.

Drewes, A.A. dan Scaefer, C.E. 2010. School Based Play Therapy. New    Jersey: John Wiley&Sons Inc.

Essa, E.L. 2003.Introduction to Early Childhood Education. Canada:          Thomson Delmar Learning Inc.

Goldstein, J.H (eds). 1994. Toys, Play, and Child Development. Australia. Cambridge University Press.

Harding, J. dan Meldon-Smith, L. 2002.Play in Early Childhood: From Birth         to Six Years. New York: Routledge.

Johnson, Christie, dan Yawkey. 1999. Play and Early Childhood    Development. New York: Longman.

Jones, E. dan Cooper, R.M. 2006.Play to Get Smart. New York: Teachers College Columbia University.

Lauwaert, M. 2009. The Place of Play. Amsterdam: Amsterdam University            Press.

Lewis, G dan Beson. 2004. Game for Children. New York: Canada: Thomson Delmar Learning Inc.

Miller, L.G. dan Gibbs, M.J. 2002.Making Toys for Preschool Children.

Maryland: Gryphon House Inc.

Singer, Golinkoff, dan Hirsh-Pasek. 2006. Play=Learning: How Play          Motivates and Enhances Children’s Cognitive and Social Emotional    Growth. New York: Oxford University Press.

Wortham, S.C. 2005. Assesment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Szymanski, M.M. dan Neuborne,E. 2004. Toy Tips: A Parent’s Essential    Guide to Smart Toy Choise. San Francisco: Jossey-Bass


Details ...