Courser in English | PLAYING AND GAMES |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengantar konsep dan teori bermain, (2) bermain dan perkembangan anak, (3) perkembangan dan jenis bermain, (4) kegiatan bermain di dalam dan luar sekolah, (5) lingkungan dan alat bermain, (6) Terapi bermain. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dan praktik bermain dan permainan bagi anak usia dini sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak usia dini dengan tepat.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Bermain dan Permainan, mahasiswa mampu memahami hakikat bermain dan permainan anak usia dini, strategi pengembangan kegiatan bermain, merancang kegiatan bermain yang sesuai tahap perkembangan, bermakna dan menyenangkan bagi anak
ReferencesAbidin, Y. 2009. Bermain: Pengantar bagi Penerapan BCCT dalam Dimensi
PAUD. Bandung: Rizqi Press.
Dockett, S. dan Fleer, M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood: Bending the Rules. Sydney: Harcourt.
Drewes, A.A. dan Scaefer, C.E. 2010. School Based Play Therapy. New Jersey: John Wiley&Sons Inc.
Essa, E.L. 2003.Introduction to Early Childhood Education. Canada: Thomson Delmar Learning Inc.
Goldstein, J.H (eds). 1994. Toys, Play, and Child Development. Australia. Cambridge University Press.
Harding, J. dan Meldon-Smith, L. 2002.Play in Early Childhood: From Birth to Six Years. New York: Routledge.
Johnson, Christie, dan Yawkey. 1999. Play and Early Childhood Development. New York: Longman.
Jones, E. dan Cooper, R.M. 2006.Play to Get Smart. New York: Teachers College Columbia University.
Lauwaert, M. 2009. The Place of Play. Amsterdam: Amsterdam University Press.
Lewis, G dan Beson. 2004. Game for Children. New York: Canada: Thomson Delmar Learning Inc.
Miller, L.G. dan Gibbs, M.J. 2002.Making Toys for Preschool Children.
Maryland: Gryphon House Inc.
Singer, Golinkoff, dan Hirsh-Pasek. 2006. Play=Learning: How Play Motivates and Enhances Children’s Cognitive and Social Emotional Growth. New York: Oxford University Press.
Wortham, S.C. 2005. Assesment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.
Szymanski, M.M. dan Neuborne,E. 2004. Toy Tips: A Parent’s Essential Guide to Smart Toy Choise. San Francisco: Jossey-Bass
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengantar konsep dan teori bermain, (2) bermain dan perkembangan anak, (3) perkembangan dan jenis bermain, (4) kegiatan bermain di dalam dan luar sekolah, (5) lingkungan dan alat bermain, (6) Terapi bermain. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dan praktik bermain dan permainan bagi anak usia dini sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan pendidikan pada anak usia dini dengan tepat.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah Bermain dan Permainan, mahasiswa mampu memahami hakikat bermain dan permainan anak usia dini, strategi pengembangan kegiatan bermain, merancang kegiatan bermain yang sesuai tahap perkembangan, bermakna dan menyenangkan bagi anak
ReferencesAbidin, Y. 2009. Bermain: Pengantar bagi Penerapan BCCT dalam Dimensi
PAUD. Bandung: Rizqi Press.
Dockett, S. dan Fleer, M. 2000. Play and Pedagogy in Early Childhood: Bending the Rules. Sydney: Harcourt.
Drewes, A.A. dan Scaefer, C.E. 2010. School Based Play Therapy. New Jersey: John Wiley&Sons Inc.
Essa, E.L. 2003.Introduction to Early Childhood Education. Canada: Thomson Delmar Learning Inc.
Goldstein, J.H (eds). 1994. Toys, Play, and Child Development. Australia. Cambridge University Press.
Harding, J. dan Meldon-Smith, L. 2002.Play in Early Childhood: From Birth to Six Years. New York: Routledge.
Johnson, Christie, dan Yawkey. 1999. Play and Early Childhood Development. New York: Longman.
Jones, E. dan Cooper, R.M. 2006.Play to Get Smart. New York: Teachers College Columbia University.
Lauwaert, M. 2009. The Place of Play. Amsterdam: Amsterdam University Press.
Lewis, G dan Beson. 2004. Game for Children. New York: Canada: Thomson Delmar Learning Inc.
Miller, L.G. dan Gibbs, M.J. 2002.Making Toys for Preschool Children.
Maryland: Gryphon House Inc.
Singer, Golinkoff, dan Hirsh-Pasek. 2006. Play=Learning: How Play Motivates and Enhances Children’s Cognitive and Social Emotional Growth. New York: Oxford University Press.
Wortham, S.C. 2005. Assesment in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.
Szymanski, M.M. dan Neuborne,E. 2004. Toy Tips: A Parent’s Essential Guide to Smart Toy Choise. San Francisco: Jossey-Bass
Details ...