Courser in English | PANCASILA EDUCATION |
Program | Manajemen |
SKS | 2 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
1. Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
2. Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
3. Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
4. Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
5. Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
6. Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
7. Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
8. C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
9. Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
10. Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
sebagai Sistem Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
sebagai Sistem Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
sebagai Sistem Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
sebagai Sistem Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
References- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References
1. |
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
2. |
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
3. |
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
4. |
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
5. |
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
|
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
6. |
Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
7. |
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
8. |
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
9. |
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References
1. |
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
2. |
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
3. |
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
4. |
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
5. |
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
|
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
6. |
Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
7. |
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
8. |
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
9. |
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References
1. |
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
2. |
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
3. |
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
4. |
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
5. |
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
|
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
6. |
Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
7. |
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
8. |
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
9. |
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References
1. |
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
2. |
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
3. |
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
4. |
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
5. |
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
|
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
6. |
Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
7. |
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
8. |
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
9. |
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References
1. |
Sumarsono, Drs. MBA, dkk. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. |
2. |
Kaelan MS. 2000. Pendidikan Pancasila. Edisi Reformasi. Yogyakarta: Paradigma. |
3. |
Ahmad, Maskur. 2003. Pendidikan Kewaganegaraan dalam Metode Praktis. Palembang |
4. |
Sumarsono S.dkk.2002. Pendidikan kewarganegaraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama |
5. |
Budimansyah, Dasim dan Suryadi, K. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan dan Masyarakat Multikultural. Bandung: Program |
|
Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI |
6. |
Nurmalina, Komala, dan Syaifullah. (2008). Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn. |
7. |
Sapriya. (2002). Membangun Civil Society Tugas Pendidikan Kewaragnegaraan.Bandung: Civicus Edisi Juni. |
8. |
Sapriya, dkk. (2010). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press. |
9. |
Sapriya, dan Wahab A. Azis. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta |
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...
Mata kuliah ini diberikan kepada semua program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah Pendidikan Pancasila menjelaskan tentang landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika politik, Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia dan Pancasila sebagai Paradigma dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
Learning OutcomesMahasiswa dapat menjelaskan landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai Karya Besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan Ideologi Besar Dunia lainnya, sebagai Sistem Filsafat, Pancasila sebagai Etika Politik , Pancasila dalam Konteks Ketatanegaaraan Republik Indonesia, Mendiskripsikan Pancasila sebagai Paradigma dalam kehidupan Kekaryaan, Kemasyarakatan, Kebangsaan, dan Kenegaraan sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
References- Heru Santosa, dkk. 2002. Sari Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana
- Magins Suseno, Etka Politik, Jakarta: Gramedia
- Syafrudin Bahar, dkkk. (ed.). 1995.
- Risalah Sidang-sidang BPUPKI –PPKI 28 Mei – 22 Agustus 1945, Jakarta: Sekretariat Negara R.I.
- Undang-Undang Dasar R. I Tahun 1945 (Setelah Amandemen I-IV)
- Undang-Undang R.I Nomor 12 Tahun 2003 tentang Partai Politik UUD 1945; sebelum dan sesudah amandemen
- Kaelan, M.S Pendidikan Pancasila,
- C.S.T. Kansil, dkk Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
- Lasiyo dan Yuwono Pengantar Filsafat,
- Oetojo Oesman dan Alfian Pancasila sebagai Idiologi,
Details ...