Courser in English | History of World Architecture |
Program | Arsitektur |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.
- Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
- Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
- Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.
Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.
Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.
Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.
Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.
Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.
- Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
- Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
- Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.
Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.
Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.
Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.
Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.
Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.
- Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
- Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
- Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.
Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.
Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.
Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.
Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.
Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.
- Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
- Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
- Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.
Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.
Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.
Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.
Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.
Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Aejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
- Mahasiswa mampu menganalisis aspek-aspek yang melatarbelakangi dan/atau mempengaruhi perkembangan arsitektur dunia
- Mahasiswa mampu menyusun argumentasi dan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai sejarah suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.
Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.
Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.
Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.
Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.
Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap sejarah arsitektur dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern. Pembagian ini masih bersifat global sehingga tiap-tiap periode masih harus dikelompokkan lagi secara terperinci.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
2. Mahasiswa mampu menganalisis aspek-aspek yang melatarbelakangi dan/atau mempengaruhi perkembangan arsitektur dunia
3. Mahasiswa mampu menyusun argumentasi dan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai sejarah suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.
References1. Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.
2. Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.
3. Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.
4. Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.
5. Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Details ...
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap sejarah arsitektur dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern. Pembagian ini masih bersifat global sehingga tiap-tiap periode masih harus dikelompokkan lagi secara terperinci.
Learning Outcomesmahasiswa mampu mengenal dan mengetahui perkembangan dan konsep arsitektur di dunia dari periode pra peradaban sampai dengan sekarang (kontemporer)
References1. Djauhari, S. 1978. Kompedium Sejarah Arsitektur Jilid 2. ITB. Bandung
Details ...
Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap sejarah arsitektur dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern. Pembagian ini masih bersifat global sehingga tiap-tiap periode masih harus dikelompokkan lagi secara terperinci.
Learning Outcomesmahasiswa mampu mengenal dan mengetahui perkembangan dan konsep arsitektur di dunia dari periode pra peradaban sampai dengan sekarang (kontemporer)
References1. Djauhari, S. 1978. Kompedium Sejarah Arsitektur Jilid 2. ITB. Bandung
Details ...