Sejarah Arsitektur Dunia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishHistory of World Architecture
ProgramArsitektur
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
  2. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
  3. Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.

References

Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.

Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.

Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.

Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.

Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
  2. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
  3. Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.

References

Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.

Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.

Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.

Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.

Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.

 

 

Learning Outcomes

 
  1. Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
  2. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
  3. Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.

References

Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.

Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.

Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.

Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.

Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Sejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : pra peradaban, klasik dan modern.

 

 

Learning Outcomes

 
  1. Mahasiswa mampu memahami perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
  2. Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik arsitektural, dan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap langgam arsitektur dunia
  3. Mahasiswa mampu menyimpulkan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai karakteristik suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.

References

Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.

Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.

Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.

Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.

Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap Aejarah arsitektur Dunia dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern
  2. Mahasiswa mampu menganalisis aspek-aspek yang melatarbelakangi dan/atau mempengaruhi perkembangan arsitektur dunia
  3. Mahasiswa mampu menyusun argumentasi dan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai sejarah suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.

References

Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.

Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.

Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.

Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.

Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap sejarah arsitektur dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern. Pembagian ini masih bersifat global sehingga tiap-tiap periode masih harus dikelompokkan lagi secara terperinci.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan arsitektur dari masa peradaban hingga masa modern

2. Mahasiswa mampu menganalisis aspek-aspek yang melatarbelakangi dan/atau mempengaruhi perkembangan arsitektur dunia

3. Mahasiswa mampu menyusun argumentasi dan pendapat yang logis, kritis, dan sistematis mengenai sejarah suatu langgam, gerarakan atau gaya arsitektur.

References

1. Curtis, WJR. 1982. Modern Architecture since 1900. Oxford Phaidon.

2. Fazio, M., Moffett, M., Wodehouse, L. 2008. A World History of Architecture. London: Laurence King Publishing Ltd.

3. Habermas, J. 1989. Modern and Post Modern Architecture: A Synoptic Account. Beijing: China Architecture & Building Press.

4. Jencks, C. A. 1977. Post modern Architecture, In the language of Post Modern. London: Academy editions.

5. Soepandi, S. 2013. Sejarah Arsitektur: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka.


Details ...
Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap sejarah arsitektur dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern. Pembagian ini masih bersifat global sehingga tiap-tiap periode masih harus dikelompokkan lagi secara terperinci.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui perkembangan dan konsep arsitektur di dunia dari periode pra peradaban sampai dengan sekarang (kontemporer)

References

1. Djauhari, S. 1978. Kompedium Sejarah Arsitektur Jilid 2. ITB. Bandung


Details ...
Course Descriptions

Sejarah dan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang tidak dapat ditentukan batasannya. Oleh karenanya kajian terhadap sejarah arsitektur dilakukan berdasarkan kronologis menurut ruang, dimensi dan waktu. Pengkajian ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu : primitif tradisional, klasik dan modern. Pembagian ini masih bersifat global sehingga tiap-tiap periode masih harus dikelompokkan lagi secara terperinci.

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mengenal dan mengetahui perkembangan dan konsep arsitektur di dunia dari periode pra peradaban sampai dengan sekarang (kontemporer)

References

1. Djauhari, S. 1978. Kompedium Sejarah Arsitektur Jilid 2. ITB. Bandung


Details ...