Konseling Kelompok , Curriculum : 2015


Courser in EnglishGroup Counseling
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

  1. Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam tentang konsep dan prosedur dasar konseling kelompok, termasuk berbagai strategi, metode, teknik, dan ketrampilan kelompok.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

Penguasaan pengetahuan

  1. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah

  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

Keterampilan Khusus

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori landasan bimbingan dan konseling.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

References

Gazda. George. 1984. Group Counseling (Third Edition). Boston: Allyn and bacon,inc.

Gladding, Samuel. 1995. Group Work: A Counseling Specialty. New Jessey: Englewood Cliffs

Jacobs, Ed E. 1994. Group Counseling (Strategies and Skills). California: Brooks/Cole Publishing Company.

Mungin, Eddy.  2005.  Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Prayitno. 2004.  Layanan Bimbingan Konseling kelompok (Seri Layanan L.6 & dan L.7). Padang: Jurusan BK FIP UNP.


Details ...
Course Descriptions

  1. Mata kuliah ini mengkaji secara mendalam tentang konsep dan prosedur dasar konseling kelompok, termasuk berbagai strategi, metode, teknik, dan ketrampilan kelompok.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandirimenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

Penguasaan pengetahuan

  1. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah

  2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

Keterampilan Khusus

  1. Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori landasan bimbingan dan konseling.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam  melaksanakan, dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah
  4. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi pendidikan  di sekolah

References

Gazda. George. 1984. Group Counseling (Third Edition). Boston: Allyn and bacon,inc.

Gladding, Samuel. 1995. Group Work: A Counseling Specialty. New Jessey: Englewood Cliffs

Jacobs, Ed E. 1994. Group Counseling (Strategies and Skills). California: Brooks/Cole Publishing Company.

Mungin, Eddy.  2005.  Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Prayitno. 2004.  Layanan Bimbingan Konseling kelompok (Seri Layanan L.6 & dan L.7). Padang: Jurusan BK FIP UNP.


Details ...
Course Descriptions

Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari konseling kelompok mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan menerapkan Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.

References

Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press

Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI

Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi


Details ...
Course Descriptions

Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari konseling kelompok mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan menerapkan Pengantar, Kontrak Perkuliahan, Konsep Dasar Konseling Kelompok, Sejarah Konseling Kelompok (KKp), Tahap-tahap perkembangan kegiatan kelompok dalam layanan Konseling kelompok (tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran), Pendekatan-pendekatan dalam Konseling Kelompok (psikoanalitik, RET dab Bh), Dinamika Kelompok dalam konseling kelompok, Etika dalam konseling kelompok dan Rancangan Satuan Kegiatan Konseling Kelompok (SKKKp) dalam Pelaksanaan Program BK di Sekolah.

References

Mungin Eddy Wibowo. 2005. Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UNNES Press

Gibson & Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling edisi ke 7.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rochman Natawidjaja.1987. Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: UPI

Rochman Natawidjaja. 2009. Konseling Kelompok konsep dasar dan pendekatan. Bandung: Rizqi


Details ...