Perencanaan Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishTEACHING PLAN
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungan pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kurangnya perhatian terhadap berbagai faktor tersebut akan membawa dampak pada penurunan efisiensi dan efektivitas sumberdaya sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru (desainer instruksional) untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat desain instruksional atau perencanaan pembelajaran. Mata kuliah desain instruksional ini berisi pengetahuan mengenai (1) Melakukan pemeriksaan terhadap situasi pembelajaran yaitu, melakukan analisis terhadap kebutuhan, tugas dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran, (2) Membuat perencanaan yang dibagi menjadi 4 proses yaitu, perencanaan, merancang dan menerapkan intervensi, (3) melakukan evaluasi yaitu menentukan dampak yang ditimbulkan oleh intervensi guru dalam pembelajaran (Brown & Green, 2006). Melalui tiga hal tersebut, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan dalam membuat perencanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (target pembelajaran) :

Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam,

  1. Melakukan otorisasi kontrak perkuliahan.
  2. Mengenali, mengingat kembali dan mengintegrasikan berbagai komponen pada dimensi desain instruksional
  3. Mengintegrasikan, mengenali dan mensimbolkan salah satu model pembelajaran
  4. Mengintegrasikan, mencocokkan serta membuat keputusan tentang kebutuhan siswa dari kelas ekonomi menengah kebawah
  5. Mencocokkan dan mensimbolkan penerapan analisis kebutuhan terhadap informasi berdasarkan latar belakang masalah rendahnya tingkat kelulusan
  6. Mengingat kembali, mengintegrasi dan mensimbolkan aktivitas yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tugas         
  7. Mengenali dan melambangkan pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tugas
  8. Mengintegrasikan metode dalam memecahkan masalah rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran
  9. Mengenali, mencocokkan, mengklasifikasi dan memecahkan permasalahan besarnya prosentase siswa yang menjadi penonton dalam pembelajaran
  10. Mengingat kembali dan mensimbolkan target dan tujuan pembelajaran
  11. Mengenali, mengklasifikasi dan memecahkan permasalahan dalam menterjemahkan target dalam tujuan pembelajaran
  12. Mengenali, mengeksekusi dan membuat keputusan dalam mendokumentasikan desain instruksional dalam bentuk silabus, RPP, prota dan promes
  13. Membuat keputusan mengenai metode pendokumentasian desain instruksional dalam bentuk prota, promes dan RPP

References

Brown, A., & Green, T. D. (2006). The essentials of instructional design: connecting fundamental principles ... Retrieved from http://books.google.com/books?id=-xBKAAAAYAAJ&pgis=1

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Details ...
Course Descriptions

Interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungan pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kurangnya perhatian terhadap berbagai faktor tersebut akan membawa dampak pada penurunan efisiensi dan efektivitas sumberdaya sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru (desainer instruksional) untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membuat desain instruksional atau perencanaan pembelajaran. Mata kuliah desain instruksional ini berisi pengetahuan mengenai (1) Melakukan pemeriksaan terhadap situasi pembelajaran yaitu, melakukan analisis terhadap kebutuhan, tugas dan siswa yang terlibat dalam pembelajaran, (2) Membuat perencanaan yang dibagi menjadi 4 proses yaitu, perencanaan, merancang dan menerapkan intervensi, (3) melakukan evaluasi yaitu menentukan dampak yang ditimbulkan oleh intervensi guru dalam pembelajaran (Brown & Green, 2006). Melalui tiga hal tersebut, mahasiswa diharapkan dapat memiliki kemampuan dalam membuat perencanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (target pembelajaran) :

Setelah menyelesaikan program perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam,

  1. Melakukan otorisasi kontrak perkuliahan.
  2. Mengenali, mengingat kembali dan mengintegrasikan berbagai komponen pada dimensi desain instruksional
  3. Mengintegrasikan, mengenali dan mensimbolkan salah satu model pembelajaran
  4. Mengintegrasikan, mencocokkan serta membuat keputusan tentang kebutuhan siswa dari kelas ekonomi menengah kebawah
  5. Mencocokkan dan mensimbolkan penerapan analisis kebutuhan terhadap informasi berdasarkan latar belakang masalah rendahnya tingkat kelulusan
  6. Mengingat kembali, mengintegrasi dan mensimbolkan aktivitas yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tugas         
  7. Mengenali dan melambangkan pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tugas
  8. Mengintegrasikan metode dalam memecahkan masalah rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran
  9. Mengenali, mencocokkan, mengklasifikasi dan memecahkan permasalahan besarnya prosentase siswa yang menjadi penonton dalam pembelajaran
  10. Mengingat kembali dan mensimbolkan target dan tujuan pembelajaran
  11. Mengenali, mengklasifikasi dan memecahkan permasalahan dalam menterjemahkan target dalam tujuan pembelajaran
  12. Mengenali, mengeksekusi dan membuat keputusan dalam mendokumentasikan desain instruksional dalam bentuk silabus, RPP, prota dan promes
  13. Membuat keputusan mengenai metode pendokumentasian desain instruksional dalam bentuk prota, promes dan RPP

References

Brown, A., & Green, T. D. (2006). The essentials of instructional design: connecting fundamental principles ... Retrieved from http://books.google.com/books?id=-xBKAAAAYAAJ&pgis=1

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang: pendekatan sistem, pola dan model pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, analisis mata pelajaran ekonomi, kecakapan siswa, materi pembelajaran, metode, media kegiatan belajar-mengajar, evaluasi pembelajaran, dan satuan pelajaran ekonomi.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan perangkat pembelajaran ekonomi.

References

Undang – Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006

Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006

Permendikbud No 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Lampirannya

Permendikbud No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013  pada Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampiran

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda

Asmawi Zainul, Noehi Nasution. 2005. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang: pendekatan sistem, pola dan model pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, analisis mata pelajaran ekonomi, kecakapan siswa, materi pembelajaran, metode, media kegiatan belajar-mengajar, evaluasi pembelajaran, dan satuan pelajaran ekonomi.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan perangkat pembelajaran ekonomi.

References

Undang – Undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006

Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006

Permendikbud No 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya

Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya

Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampirannya

Permendikbud No 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Lampirannya

Permendikbud No 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013  pada Pendidikan Dasar dan Menengah dan Lampiran

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda

Asmawi Zainul, Noehi Nasution. 2005. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perencanaan pembelajaran memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai karakteristik pembelajaran dalam kurikulum ekonomi serta memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Learning Outcomes

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu (1) memahmi konsep perencanaan pembelajaran, (2) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, serta  (3) mengembangkan perencanaa pembelajaransesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi, akuntansi,

References

  1. Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya            
  2. Amirudin.  2016. Perencanaan Pembelajaran. Konsep dan Implementasi. Yogyakarta : Parama Ilmu            
  3. 03-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-65-th-2013-ttg-standar-proses(1)            
  4. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005            
  5. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013            

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perencanaan pembelajaran memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai karakteristik pembelajaran dalam kurikulum ekonomi serta memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Learning Outcomes

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu (1) memahmi konsep perencanaan pembelajaran, (2) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, serta  (3) mengembangkan perencanaa pembelajaransesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi, akuntansi,

References

  1. Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya            
  2. Amirudin.  2016. Perencanaan Pembelajaran. Konsep dan Implementasi. Yogyakarta : Parama Ilmu            
  3. 03-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-65-th-2013-ttg-standar-proses(1)            
  4. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005            
  5. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013            

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perencanaan pembelajaran memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai karakteristik pembelajaran dalam kurikulum ekonomi serta memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Learning Outcomes

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu (1) memahmi konsep perencanaan pembelajaran, (2) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, serta  (3) mengembangkan perencanaa pembelajaransesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi, akuntansi,

References

  1. Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya            
  2. Amirudin.  2016. Perencanaan Pembelajaran. Konsep dan Implementasi. Yogyakarta : Parama Ilmu            
  3. 03-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-65-th-2013-ttg-standar-proses(1)            
  4. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005            
  5. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013            

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perencanaan pembelajaran memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai karakteristik pembelajaran dalam kurikulum ekonomi serta memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Learning Outcomes

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu (1) memahmi konsep perencanaan pembelajaran, (2) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, serta  (3) mengembangkan perencanaa pembelajaransesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi, akuntansi,

References

  1. Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya            
  2. Amirudin.  2016. Perencanaan Pembelajaran. Konsep dan Implementasi. Yogyakarta : Parama Ilmu            
  3. 03-b-salinan-lampiran-permendikbud-no-65-th-2013-ttg-standar-proses(1)            
  4. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005            
  5. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013            

 


Details ...