Menulis Teks Bahan Ajar SMA/SMK/MA, Curriculum : 2014


Courser in EnglishWRITING SENIOR HIGH SCHOOL LEARNING MATERIALS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajar mengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuk tingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4, KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3, P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajar mengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuk tingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4, KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3, P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajar mengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuk tingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4, KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3, P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajar mengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuk tingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4, KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3, P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajarmengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuktingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4,KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. 
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajarmengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuktingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4,KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. 
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajarmengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuktingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4,KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. 
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajarmengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuktingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4,KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. 
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah menulis teks bahan ajar SMA/SMK/MA merupakan mata kuliah yang memiliki capaian pembelajaran berupa kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan menyusun teks bahan ajar inovatif dan bersifat kekinian. Pada mata kuliah ini diperlukan penguasaan terhadap kemampuan menentukan bentuk interaksi belajarmengajar yang akan dijadikan kontenteks bahan ajar, sekaligus strategi pilihan untuk pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Pada mata kuliah ini, mahasiswa harus menyelesaikan proses pembelajaran yang dapat membentuk sikap, pengetahuan, dan kemampuan umum sertak husus yang mengarah pada dihasilkannya produk berupa buku teks bahan ajar untuktingkat SMA/SMK/MA.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaranMataKuliah(CPMK)

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Menulis Teks Bahan Ajar SMA/ SMK/ MA,mahasiswamampu:

CPMK1

Menganalisiskonsep, prinsip,ragam, dan Teknik menyusunteksbahan ajar untukdifungsikandi dalampembelajaransesuaikurikulumdengan penuh kesungguhan sebagaikontribusi pada keilmuan(S3, P1, KU1, KK14).

CPMK2

Mengimplementasikan hasilpemahamankonsep penulisanteksbahan ajar untukpembelajaran di tingkat SMA/SMK/ MA dalambentukidentifikasi karakteristik teksbahan ajar Bahasa dan sastra Indonesia berbasis kompetensi dan sesuaistandarnasional Pendidikan dengandilandasi nilai-nilai akademik (S11, P1, KU4,KK16).

CPMK3

Mengembangkan konten dan muatanpada berbagai jenis teksbahan ajar yang sesuai dengan SNP dan dasarkompetensicapaiandalam proses pembelajaran di SMA/ SMK/ MA dengan penuh tanggungjawab (S9, P3, KU4, KK15).

CPMK4

Menyusun konsep dan metodepembelajaransebagairancanganteksbahan Ajar sesuai dengan SNP yang harus dipenuhidengan penuh tanggungjawabdalamsusunanteksbahan ajar (S9, P3P5, KU4, KK15, KK16).

CPMK5

Mengevaluasi  pencapaian hasil penyusunansesuai dengan prinsip dan prosedur penulisanteksbahan ajar secara bertanggung jawab (S9, P3, P6, KU7, KK12, KK14).

CPMK6

Merumuskan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) pada penyusunanbukuteksbahan ajar untuk SMK/ SMA/ MA dengan pemikiran yang logis, kritis, dan sistematissecaramandiri (S10, P6, KU9, KK15, KK16).

References

  1. Achmadi. (2008). Tata Saji Buku Ajar. Jakarta: Pelatihan Penulisan Buku Ajar.
  2. Ahmadi, I., Amri, S., dan Elisah, T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh Buku Satu. Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  5. Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London: Longman Inc.
  6. BSNP. (2006). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.
  7. Degeng. (2001). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
  8. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta. Depdiknas.
  9. Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas
  10. Depdiknas. (2008). Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Desmita, 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  12. Dewi, P., Belawati, T., Purwanto dan Sadjati, I.M., (2004). Teknologi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidik.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. 
  14. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Melalui Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  15. Mintowati. (2003). Panduan Penulisan Buku Ajar. Jakarta: Depdikbud.
  16. Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.
  17. Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  18. Muslich dan Sri Iswati. (2009). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
  19. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.


Details ...