Courser in English | - |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini membahas tentang keterampilan mengkaji prosa fiksi guna meningkatkan keterampilan berbahasa dan bersastra. Kemampuan dalam mengkaji prosa fiksi. dapat di melalui pemahaman Hakikat kajian prosa fiksi, Hakikat kajian prosa fiksi, genre dari karya sastra dan genre dari prosa fiksi, novel serius dan novel popular, unsur-unsur pembangun prosa fiksi dari pandangan tradisional, stanton, dan structural, pengertian unsur intrinsik dan ekstrinsik, pendekatan dalam karya sastra, aliran dalam karya sastra, Cerita pendek dan Novel populer, unsur-unsur pembangun prosa fiksi, Cerita pendek dan Novel populer, pendekatan karya sastra, Cerita pendek dan Novel, populer, aliran karya sastra, Cerita pendek dan Novel serius, unsur-unsur pembangun prosa fiksi, Cerita pendek dan Novel serius, pendekatan karya sastra, Cerita pendek dan Novel serius, aliran karya sastra. Pemahaman pengetahuan yang kemudian mempraktikkan tentang kajian prosa fiksi.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu hakikat, prinsip, tujuan, teknik, dan ciri-ciri mengkaji prosa fiksi dengan penuh kesungguhan (S8, S9, KK8, P1) |
Mahasiswa mampu enelaah faktor pemengaruh, syarat, kendala, strategi, dan upaya meningkatkan kajian prosa fiksi dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, P1) |
Mahasiswa mampu mengembangkan kajian prosa fiksi dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, KK8, P1) |
Mahasiswa mampu melaksanakan praktik kegiatan mengkaji prosa fiksi secara mandiri dengan memperhatikan konsep, dan pola pikir keilmuan secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, KU2, KK8) |
- Djuanda, D. P.D. Iswara (2007) ApresiasiSastra. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Bandung.
- Gani, R. (1988) PengajaranSastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
- Jamaludin. 2003. Problematika, pembelajaran, Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Kaya nusa
- Santosa, Wijaya Heru., dan Sri Wahyuningtiyas (2010). Pengantar Apresiasi Prosa. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Sayuti, A., Suminto (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
- Sudjana, N. (1990) PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajaRosdaKarya. ISBN: 979-514-000-0.
- Suwardi Endraswari. 2002. Membaca, menulis, mengajarkan Sastra.Yogyakarta: Kota Kembang
- Waluyo, J., Herman (1994). Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Wismanto, Agus., dan Arisul Ulumudin (2015). Penulisan Kreatif. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Details ...
Mata Kuliah ini membahas tentang keterampilan mengkaji prosa fiksi guna meningkatkan keterampilan berbahasa dan bersastra. Kemampuan dalam mengkaji prosa fiksi. dapat di melalui pemahaman Hakikat kajian prosa fiksi, Hakikat kajian prosa fiksi, genre dari karya sastra dan genre dari prosa fiksi, novel serius dan novel popular, unsur-unsur pembangun prosa fiksi dari pandangan tradisional, stanton, dan structural, pengertian unsur intrinsik dan ekstrinsik, pendekatan dalam karya sastra, aliran dalam karya sastra, Cerita pendek dan Novel populer, unsur-unsur pembangun prosa fiksi, Cerita pendek dan Novel populer, pendekatan karya sastra, Cerita pendek dan Novel, populer, aliran karya sastra, Cerita pendek dan Novel serius, unsur-unsur pembangun prosa fiksi, Cerita pendek dan Novel serius, pendekatan karya sastra, Cerita pendek dan Novel serius, aliran karya sastra. Pemahaman pengetahuan yang kemudian mempraktikkan tentang kajian prosa fiksi.
Learning Outcomes
Mahasiswa mampu hakikat, prinsip, tujuan, teknik, dan ciri-ciri mengkaji prosa fiksi dengan penuh kesungguhan (S8, S9, KK8, P1) |
Mahasiswa mampu enelaah faktor pemengaruh, syarat, kendala, strategi, dan upaya meningkatkan kajian prosa fiksi dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, P1) |
Mahasiswa mampu mengembangkan kajian prosa fiksi dengan penuh tanggung jawab. (S8, S9, KK8, P1) |
Mahasiswa mampu melaksanakan praktik kegiatan mengkaji prosa fiksi secara mandiri dengan memperhatikan konsep, dan pola pikir keilmuan secara mandiri dan penuh tanggung jawab.(S8, S9, KU2, KK8) |
- Djuanda, D. P.D. Iswara (2007) ApresiasiSastra. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Bandung.
- Gani, R. (1988) PengajaranSastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
- Jamaludin. 2003. Problematika, pembelajaran, Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Kaya nusa
- Santosa, Wijaya Heru., dan Sri Wahyuningtiyas (2010). Pengantar Apresiasi Prosa. Surakarta: Yuma Pustaka.
- Sayuti, A., Suminto (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
- Sudjana, N. (1990) PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajaRosdaKarya. ISBN: 979-514-000-0.
- Suwardi Endraswari. 2002. Membaca, menulis, mengajarkan Sastra.Yogyakarta: Kota Kembang
- Waluyo, J., Herman (1994). Pengkajian Cerita Fiksi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Wismanto, Agus., dan Arisul Ulumudin (2015). Penulisan Kreatif. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Details ...