Courser in English | BASIC BIOLOGY |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 4 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran
a. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran
a. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomes1.Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEK sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat.
2.Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk membelajarkan konsep biologi dengan mempertimbangkan sifat karakteristik, konsep, dan pedagogi yang tepat.
3.Mampu merencanakan dan menerapkan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
4.Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawab, dan mengevaluasi secara komprehensif.
Keterampilan Umum
1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4.Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
5.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
6.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
7.Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
a. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji ciri hidup, hirarki biologi, metode ilmiah, asal-usul kehidupan dan fenomena kimia dan fisika kehidupan, struktur dan fungsi organel sel, transformasi energi dan metabolisme, struktur dan hierarki struktur tanaman, struktur dan hierarki hewan, (sirkulasi hewan sistem imun, termoregulasi, osmoregulasi, dan ekskresi, fungsi hati, sistem endokrin sistem reproduksi dan perkembangan hewan, sistem persyarafan, mekanisme sensor dan gerak, sistem penunjang dan pelindung), klasifikasi makhluk hidup, kesamaan diversitas kehidupan, konsep dasar ekologi meliputi populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer serta tingkah laku makhluk hidup serta teori evolusi dan genetika.
Learning Outcomesa. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam mengkaji permasalahan biologi secara umum.
b. Menguasai konsep teoritis biologi secara umum serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural.
c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data materi biologi secara umum, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang pendidikan biologi dan biologi.
d. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri berkaitan dengan biologi secara umum dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi profesi.
References- Campbell Neil A., Mitchell and Reece (1999). Biology, concepts & connections.California: the Benyamin Cummings Publishing Company. Campbell Neil A.,
- Biologi, Jilid 1,2 dan 3, edisi terjemahan oleh Siti Soetarmi dan Nawangsari, Jakarta : Erlangga.
- Nelson,G.E and Gerald G. Robinson (1982). Fundamental Concept of Biology.New York : John Wiley & Son
Details ...