Courser in English | RESEARCH METHODOLOGY |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mendeskripsikan pengetahuan dasar-dasar penelitian
Learning OutcomesMampu memahami dasar penelitian pendidikan, menguasai konsep teori pengembangan bahasa Indonesia di dalam dasar metode penelitian, dan memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptis, serta apresiatif.
ReferencesAlwasillah, A. Chaedar. 1985. Linguistik. Bandung: Angkasa.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Dardjowidjojo, Soejono. 1987. Linguistik: Teori dan Terapan. Jakarta: Arcan.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Kentjono, Djoko (ed). 1982. Dasar-dasar Linguistik Umum. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.
---------, Harimurti, 1986, Kelas kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Moeliono, A.M. 1981. Pengembangan dan pembinaan Bahasa. Jakarta: Djambatan.
Pateda, Mansoer. 1988. Linguistik. Bandung: Angkasa.
Ramlan, M. 1981. Sintaksis. Yogyakarta: U.P. Karyono.
---------. 1985. Tata Bahasa Indonesia, Penggolongan Kata-kata. Yogyakarta: Andi Offset.
---------. 1995. Sejarah Singkat Linguistik. Bandung: ITB.
Rusyana, Ys dan Samsuri. 1976. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
----------, 1985. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Malang: Sastra Hudaya.
Samarin, William J. 1988. Ilmu Bahasa Lapangan. Yogyakarta: Kanisius.
Samsuri. 1989. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga
Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.
Verhaar, J.W.M. 1978. Pengantar Linguistik I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Mata kuliah ini mendeskripsikan pengetahuan dasar-dasar penelitian
Learning OutcomesMampu memahami dasar penelitian pendidikan, menguasai konsep teori pengembangan bahasa Indonesia di dalam dasar metode penelitian, dan memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptis, serta apresiatif.
ReferencesAlwasillah, A. Chaedar. 1985. Linguistik. Bandung: Angkasa.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Dardjowidjojo, Soejono. 1987. Linguistik: Teori dan Terapan. Jakarta: Arcan.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Kentjono, Djoko (ed). 1982. Dasar-dasar Linguistik Umum. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.
Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.
---------, Harimurti, 1986, Kelas kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Moeliono, A.M. 1981. Pengembangan dan pembinaan Bahasa. Jakarta: Djambatan.
Pateda, Mansoer. 1988. Linguistik. Bandung: Angkasa.
Ramlan, M. 1981. Sintaksis. Yogyakarta: U.P. Karyono.
---------. 1985. Tata Bahasa Indonesia, Penggolongan Kata-kata. Yogyakarta: Andi Offset.
---------. 1995. Sejarah Singkat Linguistik. Bandung: ITB.
Rusyana, Ys dan Samsuri. 1976. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
----------, 1985. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Malang: Sastra Hudaya.
Samarin, William J. 1988. Ilmu Bahasa Lapangan. Yogyakarta: Kanisius.
Samsuri. 1989. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga
Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.
Verhaar, J.W.M. 1978. Pengantar Linguistik I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
Learning OutcomesPada mata kuliah ini, tujuan mpembelajarannya adalah ahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
ReferencesArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.
Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.
Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.
__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.
__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.
Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.
Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.
Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.
Wiersma, William. (1986). Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
Learning OutcomesPada mata kuliah ini, tujuan mpembelajarannya adalah ahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
ReferencesArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.
Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.
Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.
__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.
__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.
Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.
Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.
Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.
Wiersma, William. (1986). Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
Learning OutcomesPada mata kuliah ini, tujuan mpembelajarannya adalah ahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
ReferencesArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.
Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.
Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.
__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.
__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.
Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.
Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.
Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.
Wiersma, William. (1986). Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu
ReferencesCreswell, Jhon W. 2012. Educational Research. New York: PEARSON Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA Karya
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu
ReferencesCreswell, Jhon W. 2012. Educational Research. New York: PEARSON Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA Karya
Details ...
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu
Learning OutcomesMahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu
ReferencesCreswell, Jhon W. 2012. Educational Research. New York: PEARSON Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA Karya
Details ...