Dasar-dasar Metodologi Penelitian Pendidikan , Curriculum : 2015


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mendeskripsikan pengetahuan dasar-dasar penelitian

Learning Outcomes

Mampu memahami dasar penelitian pendidikan, menguasai konsep teori pengembangan bahasa Indonesia di dalam dasar metode penelitian, dan memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptis, serta apresiatif.

References

      Alwasillah, A. Chaedar. 1985. Linguistik. Bandung: Angkasa.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Dardjowidjojo, Soejono. 1987. Linguistik: Teori dan Terapan. Jakarta: Arcan.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Kentjono, Djoko (ed). 1982. Dasar-dasar Linguistik Umum. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

---------, Harimurti, 1986, Kelas kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Moeliono, A.M. 1981. Pengembangan dan pembinaan Bahasa. Jakarta: Djambatan.

       Pateda, Mansoer. 1988. Linguistik. Bandung: Angkasa.

Ramlan, M. 1981. Sintaksis. Yogyakarta: U.P. Karyono.

---------. 1985. Tata Bahasa Indonesia, Penggolongan Kata-kata. Yogyakarta: Andi Offset.

---------. 1995. Sejarah Singkat Linguistik. Bandung: ITB.

       Rusyana, Ys dan Samsuri. 1976. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

----------, 1985. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Malang: Sastra Hudaya.

Samarin, William J. 1988. Ilmu Bahasa Lapangan. Yogyakarta: Kanisius.

Samsuri. 1989. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Verhaar, J.W.M. 1978. Pengantar Linguistik I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mendeskripsikan pengetahuan dasar-dasar penelitian

Learning Outcomes

Mampu memahami dasar penelitian pendidikan, menguasai konsep teori pengembangan bahasa Indonesia di dalam dasar metode penelitian, dan memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptis, serta apresiatif.

References

      Alwasillah, A. Chaedar. 1985. Linguistik. Bandung: Angkasa.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Dardjowidjojo, Soejono. 1987. Linguistik: Teori dan Terapan. Jakarta: Arcan.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Kentjono, Djoko (ed). 1982. Dasar-dasar Linguistik Umum. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

---------, Harimurti, 1986, Kelas kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Moeliono, A.M. 1981. Pengembangan dan pembinaan Bahasa. Jakarta: Djambatan.

       Pateda, Mansoer. 1988. Linguistik. Bandung: Angkasa.

Ramlan, M. 1981. Sintaksis. Yogyakarta: U.P. Karyono.

---------. 1985. Tata Bahasa Indonesia, Penggolongan Kata-kata. Yogyakarta: Andi Offset.

---------. 1995. Sejarah Singkat Linguistik. Bandung: ITB.

       Rusyana, Ys dan Samsuri. 1976. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

----------, 1985. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Malang: Sastra Hudaya.

Samarin, William J. 1988. Ilmu Bahasa Lapangan. Yogyakarta: Kanisius.

Samsuri. 1989. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Verhaar, J.W.M. 1978. Pengantar Linguistik I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

Learning Outcomes

Pada mata kuliah ini, tujuan mpembelajarannya adalah ahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. (1986).  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

Learning Outcomes

Pada mata kuliah ini, tujuan mpembelajarannya adalah ahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. (1986).  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

Learning Outcomes

Pada mata kuliah ini, tujuan mpembelajarannya adalah ahasiswa ,memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mampu menerapkan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.

Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.

__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.

__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiersma, William. (1986).  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu

References

Creswell, Jhon W. 2012. Educational Research. New York: PEARSON Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu

References

Creswell, Jhon W. 2012. Educational Research. New York: PEARSON Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan tingkat strata satu

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami dasar-dasar penelitian pendidikan tingkat strata satu

References

Creswell, Jhon W. 2012. Educational Research. New York: PEARSON Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA Karya


Details ...