Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS12 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

 

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

 

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  berbahasa Indonesia seara baik dan benar.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
  3. Mampu menguasai sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan

References

Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.

Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.

Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.

Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.

Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.

Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

 

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

 

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  berbahasa Indonesia seara baik dan benar.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
  3. Mampu menguasai sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan

References

Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.

Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.

Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.

Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.

Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.

Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

 

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

 

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  berbahasa Indonesia seara baik dan benar.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
  3. Mampu menguasai sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan

References

Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.

Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.

Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.

Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.

Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.

Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

 

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

 

Learning Outcomes

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam  berbahasa Indonesia seara baik dan benar.
  2. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung  jawabnya  dan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
  3. Mampu menguasai sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan

References

Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.

Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.

Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.

Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.

Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.

Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa perihal serbaneka perbendaharaan bahasa Indonesia secara mendalam.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh khazanah bahasa Indonesia secara mendalam.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi V). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

  • Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

  • Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

  • Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.

  • Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

References

Keraf, Gorys. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Inda

Surono dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang: Fasindo.

EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) Pusat Bahasa

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Pusat Bahasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

  • Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

  • Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

  • Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.

  • Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

References

Keraf, Gorys. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Inda

Surono dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang: Fasindo.

EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) Pusat Bahasa

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Pusat Bahasa


 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

References

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dibekali perihal internalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia sehingga mereka dapat menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis serta inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora, memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang, serta menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa dibekali perihal internalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia sehingga mereka dapat menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis serta inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora, memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang, serta menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

Learning Outcomes

  1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
  3. Mampu memakai bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan dan pengajaran bahasa pada masa sekarang.
  4. Menguasai konsep-konsep utama bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.


Details ...