Courser in English | Indonesian Language |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Menguasi konsep keterampilan berbahasa khusunya dalam menulis.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menulis berbagai ragam dengan baik dan benar.
ReferencesAlwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal dan S Amran Tasai.1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Depdikbud. 1998. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 1997. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Ramlan, M. 2006. Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andy Offset.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan. Bandung:Angkasa.
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Details ...
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam berbahasa Indonesia seara baik dan benar, mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, dan Mampu menguasai sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam berbahasa Indonesia seara baik dan benar.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
- Mampu menguasai sejarah dan konsep bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan
Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2002. Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Rosdakarya.
Halim, Amran dan Yayah B. Lumintang. 19983. Konggres Bahasa Indonesia III. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Haikat Bahasa, Makna dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya.
Indriati, Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah. Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Keraf, Gorys.1988. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Kridalaksana, Harimurti. 2006. Pembentukan Istilah. Jakarta: Gramedia.
Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.
Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Prayitno, Harun Joko. Dkk. 2000. Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: MUP.
Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Razak, Abdul. 1988. Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta: PT Gramedia.
Details ...
Mata kuliah bahasa Indonesia Keilmuan merupakan mata kuliah umum universiter yang diberikan pada mahasiswa non-Prodi PBSI Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini utamanya memberikan pengetahuan secara umum mengenai bahasa Indonesia, di antaranya mengenai sejarah perkembangan bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan bahasa Indonesia, sampai dengan keterampilan menulis surat dinas dan artikel ilmiah.
Learning Outcomes1. Mahasiswa dapat memahami hakikat bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional.
2. Mahasiswa dapat memahami sejumlah ragam bahasa.
3. Mahasiswa dapat memahami ejaan dan tata bahasa baku bahasa Indonesia, dan mampu mengaplikasikan keduanya dengan baik.
4. Mahasiswa dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar, tidak hanya dalam keterampilannya berbicara, tetapi juga dalam keterampilannya menulis.
ReferencesAlwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Pusat Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Pusat Bahasa. 2010. Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Details ...
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam ranah ilmiah.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan Kapita Selekta Bahasa Indonesia ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam ranah ilmiah terutama ragam tulis.
ReferencesAlwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dardjowidjojo, Soenjono. 1987. Beberapa Aspek Linguistik Indonesia. Jakarta: ILDEP.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti (Ed.). 1996. Bahasa Indonesia: Suatu Bunga Rampai. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Purwo, Bambang Kaswanti. 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: ILDEP.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Dalam perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam ranah ilmiah.
Learning OutcomesSetelah selesai mengikuti perkuliahan Kapita Selekta Bahasa Indonesia ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam ranah ilmiah terutama ragam tulis.
ReferencesAlwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dardjowidjojo, Soenjono. 1987. Beberapa Aspek Linguistik Indonesia. Jakarta: ILDEP.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti (Ed.). 1996. Bahasa Indonesia: Suatu Bunga Rampai. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Purwo, Bambang Kaswanti. 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: ILDEP.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Mata Kuliah ini diberikan dengan bobot 2 sks kepada mahasiswa progdi nonkebahasaan. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan content language integrated learning, yaitu mengajarkan bahasa dengan menyesuaikan konten dengan disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal berupa kaidah kebahasaan dalam kaitannya dengan etika bahasa dan etika ilmiah dalam berbagai karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa.
Learning Outcomes- Memiliki pengetahuan tentang Bahasa Indonesia dan seluk beluknya mengenai perkembangan, bentuk, dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam masyarakat
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas di bidang Bahasa Indonesia secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang Bahasa Indonesia sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Menguasai konsep dan teori Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tim Visi Yustisia. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan membekali mahasiswa dalam penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik ragam tulis maupun lisan dalam berbagai kepentingan kehidupannya.
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai keterampilan dalam penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik ragam tulis maupun lisan dalam berbagai kepentingan kehidupannya.
ReferencesAbidin, Djamalul. 1996. Komunikasi dan Bahasa Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Arifin, E. Zaenal. 1991. Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Arifin, E. Zaenal dan S Amran Tasai.1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Depdikbud. 1998. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 2004. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 1997. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Agam RI. 2003. Pedoman Transliterasi Arab-Latin. Jakarta: Balitbang Agam dan Diklat Keagamaan.
Halim, Amran. 1976. Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Depdikbud, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.
Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andy Offset.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan membekali mahasiswa dalam penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik ragam tulis maupun lisan dalam berbagai kepentingan kehidupannya.
Learning OutcomesMahasiswa mempunyai keterampilan dalam penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik ragam tulis maupun lisan dalam berbagai kepentingan kehidupannya.
ReferencesAbidin, Djamalul. 1996. Komunikasi dan Bahasa Dakwah. Jakarta: Gema Insani Press.
Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Arifin, E. Zaenal. 1991. Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Arifin, E. Zaenal dan S Amran Tasai.1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Depdikbud. 1998. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 2004. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 1997. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Agam RI. 2003. Pedoman Transliterasi Arab-Latin. Jakarta: Balitbang Agam dan Diklat Keagamaan.
Halim, Amran. 1976. Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Depdikbud, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.
Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andy Offset.
Details ...
Mengembangkan dan menerapkan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara untuk mewujudkan cinta berbahasa Indonesia
Learning OutcomesMengetahhui sejarah perkembangan bahasa Indonesia di Indonesia dan mnerapkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Keraf, Gorys. Komposisi. Ende Flores.
Details ...
Mengembangkan dan menerapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa resmi negara untuk mewujudkan cinta berbahasa Indonesia.
Mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia di Indonesia dan menerapkan kaidah bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
ReferencesKeraf, Gorys 2004. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
Details ...
Mengembangkan dan menerapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa resmi negara untuk mewujudkan cinta berbahasa Indonesia.
Mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia di Indonesia dan menerapkan kaidah bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
ReferencesKeraf, Gorys 2004. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
Details ...