Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2020


Courser in EnglishLearner's Development
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar, yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Perkembangan Peserta Didik,mahasiswamampu:

CPMK1

Mendiskripsikan(1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan(S8-9, KU2, KK8, PP1)

CPMK2

Menganalisisvariasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan  karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik(S8-9, KU2, KK8, PP1)

CPMK3

Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaransesuai perkembangannya. (S8-9, KU2, KK8, PP16).

CPMK4

Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah(S8-9,  KU2, KK8, PP1).

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar, yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Perkembangan Peserta Didik,mahasiswamampu:

CPMK1

Mendiskripsikan(1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan(S8-9, KU2, KK8, PP1)

CPMK2

Menganalisisvariasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan  karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik(S8-9, KU2, KK8, PP1)

CPMK3

Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaransesuai perkembangannya. (S8-9, KU2, KK8, PP16).

CPMK4

Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah(S8-9,  KU2, KK8, PP1).

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar, yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Perkembangan Peserta Didik,mahasiswamampu:

CPMK1

Mendiskripsikan(1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan(S8-9, KU2, KK8, PP1)

CPMK2

Menganalisisvariasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan  karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik(S8-9, KU2, KK8, PP1)

CPMK3

Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaransesuai perkembangannya. (S8-9, KU2, KK8, PP16).

CPMK4

Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah(S8-9,  KU2, KK8, PP1).

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...