Courser in English | Learner's Development |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar, yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan. |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Perkembangan Peserta Didik,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan(1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan(S8-9, KU2, KK8, PP1) |
CPMK2 |
Menganalisisvariasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik(S8-9, KU2, KK8, PP1) |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaransesuai perkembangannya. (S8-9, KU2, KK8, PP16). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah(S8-9, KU2, KK8, PP1). |
|
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar, yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan. |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Perkembangan Peserta Didik,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan(1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan(S8-9, KU2, KK8, PP1) |
CPMK2 |
Menganalisisvariasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik(S8-9, KU2, KK8, PP1) |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaransesuai perkembangannya. (S8-9, KU2, KK8, PP16). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah(S8-9, KU2, KK8, PP1). |
|
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar, yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan. |
Setelahmenyelesaikanpembelajaranmatakuliah Perkembangan Peserta Didik,mahasiswamampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan(1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan(S8-9, KU2, KK8, PP1) |
CPMK2 |
Menganalisisvariasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik(S8-9, KU2, KK8, PP1) |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaransesuai perkembangannya. (S8-9, KU2, KK8, PP16). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah(S8-9, KU2, KK8, PP1). |
|
Details ...