Pembelajaran Fisik/Motorik AUD, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah teori dan praktek. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan fisik dan motorik anak usia dini. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu menguasai penggunaan media dan sumber belajar berbasis IPTEK, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan perkembangan fisik dan motorik anak usia dini. Mahasiwa juga diharapkan memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran secara mandiri. Capaian mata kuliah ini akan dinilai menggunakan penilaian tugas, UTS, dan UAS

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan fisik dan motorik anak usia dini. . (KK.02, P.06) 2. Mahasiswa mampu menguasai penggunaan media dan sumber belajar berbasis IPTEK, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan perkembangan fisik dan motorik anak usia dini . P.08, KK.02) 3. Mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran secara mandiri (KK.10, S.03, KU.09). 4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses penyelenggaraan PAUD Non Formal. (S.03,KU.09, KK.10)

References

1. Yanuar Kiram. (2019). Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta : Prenada Media

2. Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di TK. Jakarta : Litera

3. Agus Mahendra. (2006). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

4. Bambang Sujiono, dkk. (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

5. Elizabeth B. Hurlock. (1978). Child Development. USA: Mc Graw-Hill.

6. Elizabeth B. Hurlock. (1980). Development Psycology. USA: Mc Graw-Hill.

7. John W. Santrock. (1995). Life Span Development (1&2 Edition). USA: Wm. C. Brown Communication, Inc.

8. Depdiknas. (2015). Standar Kompetensi PAUD

9. Deprtemen pendidikan, pemuda, dan olahraga. (2012). Metode Pengembangan Motorik Anak Balita.

10. Republik Indonesia (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD Nasiona


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah teori dan praktek. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan fisik dan motorik anak usia dini. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu menguasai penggunaan media dan sumber belajar berbasis IPTEK, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan perkembangan fisik dan motorik anak usia dini. Mahasiwa juga diharapkan memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran secara mandiri. Capaian mata kuliah ini akan dinilai menggunakan penilaian tugas, UTS, dan UAS

Learning Outcomes

1. Mahasiswa mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan fisik dan motorik anak usia dini. . (KK.02, P.06) 2. Mahasiswa mampu menguasai penggunaan media dan sumber belajar berbasis IPTEK, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan permasalahan perkembangan fisik dan motorik anak usia dini . P.08, KK.02) 3. Mahasiswa diharapkan memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran secara mandiri (KK.10, S.03, KU.09). 4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses penyelenggaraan PAUD Non Formal. (S.03,KU.09, KK.10)

References

1. Yanuar Kiram. (2019). Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta : Prenada Media

2. Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik Di TK. Jakarta : Litera

3. Agus Mahendra. (2006). Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

4. Bambang Sujiono, dkk. (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

5. Elizabeth B. Hurlock. (1978). Child Development. USA: Mc Graw-Hill.

6. Elizabeth B. Hurlock. (1980). Development Psycology. USA: Mc Graw-Hill.

7. John W. Santrock. (1995). Life Span Development (1&2 Edition). USA: Wm. C. Brown Communication, Inc.

8. Depdiknas. (2015). Standar Kompetensi PAUD

9. Deprtemen pendidikan, pemuda, dan olahraga. (2012). Metode Pengembangan Motorik Anak Balita.

10. Republik Indonesia (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD Nasiona


Details ...