Psikolinguistik, Curriculum : 2014


Courser in EnglishPsycholinguistics
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa.

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa,            sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9)

CPMK3

Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6)

CPMK4

Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

(KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6)

CPMK5

Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8)

References

  1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
  4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
  6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
  7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.

Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa.

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa,            sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9)

CPMK3

Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6)

CPMK4

Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

(KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6)

CPMK5

Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8)

References

  1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
  4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
  6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
  7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.

Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa.

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa,            sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9)

CPMK3

Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6)

CPMK4

Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

(KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6)

CPMK5

Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8)

References

  1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
  4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
  6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
  7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.

Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai seluk beluk psikolinguistik, meliputi pengertian dan kedudukan psikolinguistik dalam kajian bahasa, sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian psikolinguistik, pemrosesan bahasa (model Garman dan Chomsky), pemerolehan bahasa pertama, perkembangan bahasa: bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis, dan Pragmatik, bahasa dan otak: struktur dan fungsi serta perkembangannya pada otak laki-laki dan perempuan, memori, pikiran, dan bahasa, gangguan berbahasa, kesalahan berbahasa, teori pembelajaran bahasa (Psikolinguistik Edukasional), dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa.

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah hakikat pengertian dan kedudukan Psikolinguistik dalam kajian bahasa,            sejarah perkembangan, objek, dan cakupan bidang kajian Psikolinguistik dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis pemrosesan bahasa (Model Garman dan Chomsky), bahasa dan otak: struktur dan fungsi, perkembangan otak laki-laki dan perempuan, serta memori, pikiran, dan bahasa dengan penuh tanggung jawab (KU1, KU8, P1, S1, S5, S9)

CPMK3

Menganalisis pemerolehan bahasa pertama dan membandingkan teori dengan situasi nyata serta perkembangannya pada bidang Fonologi, Leksikon, Semantik, Sintaksis dan Pragmatik dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (KU1, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S6)

CPMK4

Menelaah gangguan dan kesalahan berbahasa serta menganalisis kasus-kasus tersebut dalam kehidupan nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

(KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, P1, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S5, S6)

CPMK5

Menelaah teori pembelajaran bahasa dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menganalisis permasalahannya dalam pembelajaran bahasa sesuai situasi nyata dengan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

 (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4 KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8)

References

  1. Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik (Pengantar Memahami Bahasa Manusia). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  2. Musfiroh, Tadkiroatun. 2017. Psikolinguistik Edukasional: Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  3. Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: Refika Aditama.
  4. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Steinberg, Danny. 2006. An Introduction to Psycholinguistics (Second Edition). Britain: Pearson Education Limited.
  6. Mattew dan Traxler. 2013. Introducing Psycholinguistics. New York: Cambridge University Press.
  7. Warren, Paul. 2012. Introduction to Psycholinguistics (Understanding Language Science). Oxford: Blackman Publishing.

Sumber lainnya.


Details ...