Dasar Gerak Atletik, Curriculum : 2022


Courser in EnglishBASIC ATHLETIC MOVEMENTS
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas berbagai pendekatan bukan saja mengenai penguasaan keterampilan dasar gerak kelompok nomor-nomor Atletik 2, namun juga mengupas tataran pengetahuan, pemahaman secara teoretis dan filosophis. Pada perkuliahan ini juga mengkaji isu-isu/ masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan berbagai model pendekatan pembelajaran yang mutahir. serta kreatif dan aspiratif dalam pengadaan modifikasi media pembelajaran

Learning Outcomes

CPL1
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL2
Memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengenai nomor-nomor yang tergabung dalam metodik olahraga atletik
CPL3
Mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan keterampilan pribadi maupun untuk kepentingan proses belajar mengajar, juga mampu menyerap ide-ide secara kreatif dalam mengikuti isu-isu terkini yang terkait bagi perkembangan kemajuan pendidikan jasmani di dunia.

References

Arma Abdoellah. 1981. Olahraga untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Sastra Hudaya.
Bernhard, Gunter. 1993. Atletik. Prinsip Dasar Latihan Lompat Tinggi, jauh, Jangkit dan lompat galah. Semarang: Effhar & Dahara Prize.
Boosey, Derek.1980. The Jumps: Conditioning and Technical Training. Australia:Beatrice Publishing PTY.LTD
Freemann, William H., Peak When It Count. Los Altos: Tafnews Press, 1989.
Garry, A Carr. 2003. Atletik untuk Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo
Persada
Harald Muller and Wolggang Ritzdorf, RUN – JUMP - THROW: The Official IAAF Guide To Teaching Atletics LEVEL I, International Assosisions Of Atletics Federation. Coaches Education and
Sertification System (SESC). 2000.IAAF.2000. Pedoman Mengajar Lari Lompat Lempar. Terjemahan
Suyono. Ds. Jakarta : PASIInternational Association Of Atletics Federation, Coaches Education And Sertification System (CECS), Midlle and Long Distance & Race


Details ...