Courser in English | Management of Educational Quality Improvement |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Progdi:
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan
Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.
Daftar Pustaka:
Pustaka minimal:
UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
PP No. 12 Th 2005 – SNP
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang penerapan manajemen strategik dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponennya, implementasi dan pengendalian manajemen strategik
Learning Outcomes1. Sikap
a. Bertaqwa ke Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan peradaban berdasarkan Pancasila.
c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.
2. Keterampilan Umum
a. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifikan secara bertanggungjawab dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik untuk peningkatan mutu pendidikan.
b. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelsaikan masalah pengembangan ilmu pengetahan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai.
3. Keterampilan Khusus
Menguasai ketrampilan mengimplementasikan manajemen kualitas terpau dalam bidang pendidikan sesuai dengan peranannya.
4. Penguasaan Pengetahuan.
Mengetahui konsep dasar kualitas da manajemen kualitas secara terpadu di bidang pendidikan.
ReferencesWajib:
Soegito, A.T. 2013. Pergeseran Paradigma Manajemen Pendidikan. Semarang: Widya Karya.
----------------. 2015. Manajemen Strategik. Semarang: UPGRIS Press.
Anjuran
Depdiknas. 2009. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014. Jakarta: Depdiknas.
Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah.
Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
---------------------.2014. Manajemen Strategis. Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Buku 1. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Terjemahan Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat.
Salusu. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.
Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang penerapan manajemen strategik dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponennya, implementasi dan pengendalian manajemen strategik
Learning Outcomes1. Sikap
a. Bertaqwa ke Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan peradaban berdasarkan Pancasila.
c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.
2. Keterampilan Umum
a. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifikan secara bertanggungjawab dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik untuk peningkatan mutu pendidikan.
b. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelsaikan masalah pengembangan ilmu pengetahan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai.
3. Keterampilan Khusus
Menguasai ketrampilan mengimplementasikan manajemen kualitas terpau dalam bidang pendidikan sesuai dengan peranannya.
4. Penguasaan Pengetahuan.
Mengetahui konsep dasar kualitas da manajemen kualitas secara terpadu di bidang pendidikan.
ReferencesWajib:
Soegito, A.T. 2013. Pergeseran Paradigma Manajemen Pendidikan. Semarang: Widya Karya.
----------------. 2015. Manajemen Strategik. Semarang: UPGRIS Press.
Anjuran
Depdiknas. 2009. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014. Jakarta: Depdiknas.
Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah.
Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
---------------------.2014. Manajemen Strategis. Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Buku 1. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Terjemahan Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat.
Salusu. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.
Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang penerapan manajemen strategik dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponennya, implementasi dan pengendalian manajemen strategik
Learning Outcomes1. Sikap
a. Bertaqwa ke Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan peradaban berdasarkan Pancasila.
c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.
2. Keterampilan Umum
a. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifikan secara bertanggungjawab dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik untuk peningkatan mutu pendidikan.
b. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelsaikan masalah pengembangan ilmu pengetahan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai.
3. Keterampilan Khusus
Menguasai ketrampilan mengimplementasikan manajemen kualitas terpau dalam bidang pendidikan sesuai dengan peranannya.
4. Penguasaan Pengetahuan.
Mengetahui konsep dasar kualitas da manajemen kualitas secara terpadu di bidang pendidikan.
ReferencesWajib:
Soegito, A.T. 2013. Pergeseran Paradigma Manajemen Pendidikan. Semarang: Widya Karya.
----------------. 2015. Manajemen Strategik. Semarang: UPGRIS Press.
Anjuran
Depdiknas. 2009. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014. Jakarta: Depdiknas.
Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah.
Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
---------------------.2014. Manajemen Strategis. Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Buku 1. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Terjemahan Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat.
Salusu. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.
Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata Kuliah ini mengkaji tentang penerapan manajemen strategik dalam pendidikan. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: konsep dasar manajemen strategik, perumusan visi dan misi, analisis SWOT, perumusan tujuan, penentuan strategi, aktivasi strategi pada berbagai komponennya, implementasi dan pengendalian manajemen strategik
Learning Outcomes1. Sikap
a. Bertaqwa ke Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan peradaban berdasarkan Pancasila.
c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.
2. Keterampilan Umum
a. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifikan secara bertanggungjawab dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik untuk peningkatan mutu pendidikan.
b. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelsaikan masalah pengembangan ilmu pengetahan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai.
3. Keterampilan Khusus
Menguasai ketrampilan mengimplementasikan manajemen kualitas terpau dalam bidang pendidikan sesuai dengan peranannya.
4. Penguasaan Pengetahuan.
Mengetahui konsep dasar kualitas da manajemen kualitas secara terpadu di bidang pendidikan.
ReferencesWajib:
Soegito, A.T. 2013. Pergeseran Paradigma Manajemen Pendidikan. Semarang: Widya Karya.
----------------. 2015. Manajemen Strategik. Semarang: UPGRIS Press.
Anjuran
Depdiknas. 2009. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2010-2014. Jakarta: Depdiknas.
Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen. 1996. Manajemen Strategis. Terjemahan Julianto Agung. Yogyakarta: Andi.
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah.
Pearce II, John. A. & Richard R. Robinson, JR. 1994. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.
---------------------.2014. Manajemen Strategis. Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Buku 1. Strategic Management. Formulation, Implementation, and Control. Terjemahan Nia Pramita Sari. Jakarta: Salemba Empat.
Salusu. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: Grasindo.
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refika Aditama.
Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...