Bahasa Inggris Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEnglish for mathematics
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS24 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Sebagai alat komunikasi internasional, Bahasa Inggris dipelajari dan digunakan untuk dapat memahami materi ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari yang dikomunikasikan dalam Bahasa Inggris. Di perguruan tinggi, mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik terutama difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pemahaman materi yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mata kuliah ini diambil oleh peserta didik pada semester awal dengan harapan kompetensi yang diperoleh dari mata kuliah ini dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan peserta didik pada semester-semester berikutnya sepanjang masa studi.

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari Bahasa Inggris I. Fokus latihan tetap pada usaha peningkatan kemampuan membaca (reading), dengan pembahasan kosa kata dan tata bahasa tingkat lanjut. Bahan bacaan lebih ditingkatkan baik dalam jumlah kata maupun tingkat kesulitan (dengan memperbanyak latihan dari bahasa pendukung).

 Melatih  menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah matematika dalam bahasa inggris. latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah matematika.

Mata kuliah ini memberikan latihan membaca (reading) teks-teks dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammer structure) yang lazim dipergunakan dalam bidang matematika. Latihan mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) kemampuan membaca. Pembahasan tata bahasa sebagian merupakan “review” tata bahasa di semester 1.

Learning Outcomes

Standar kompetensi yang diharapkan dicapai peserta didik melalui mata kuliah ini adalah kemampuan:

  1. menerjemahkan materi yang ditulis dalam Bahasa Inggris terkait dengan ilmu/teknologi/seni pada umumnya, khususnya dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari;
  2. meresume materi yang ditulis dalam Bahasa Inggris untuk keperluan pengembangan ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/vokasi yang dipelajari.
  3. Mengucapkan isi artikel-artikel dan buku-buku teks matematika dalam bahasa inggris.

References

Gibilisco, S. (2004). Everyday Math Demystified. USA: The McGraw-Hill Co., Inc

Courant, R. & Robbins. (1996). What is Mathematics. New York: Oxford University Press, Inc.

Pyle, Michael A & Page, Mory Elien Munoz 2002. CLIFFS TOEFL Preparation Guide Hohn Wrley & Sors, Inc. USA.


Details ...
Course Descriptions

Sebagai alat komunikasi internasional, Bahasa Inggris dipelajari dan digunakan untuk dapat memahami materi ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari yang dikomunikasikan dalam Bahasa Inggris. Di perguruan tinggi, mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik terutama difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pemahaman materi yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mata kuliah ini diambil oleh peserta didik pada semester awal dengan harapan kompetensi yang diperoleh dari mata kuliah ini dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan peserta didik pada semester-semester berikutnya sepanjang masa studi.

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari Bahasa Inggris I. Fokus latihan tetap pada usaha peningkatan kemampuan membaca (reading), dengan pembahasan kosa kata dan tata bahasa tingkat lanjut. Bahan bacaan lebih ditingkatkan baik dalam jumlah kata maupun tingkat kesulitan (dengan memperbanyak latihan dari bahasa pendukung).

 Melatih  menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah matematika dalam bahasa inggris. latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah matematika.

Mata kuliah ini memberikan latihan membaca (reading) teks-teks dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammer structure) yang lazim dipergunakan dalam bidang matematika. Latihan mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) kemampuan membaca. Pembahasan tata bahasa sebagian merupakan “review” tata bahasa di semester 1.

Learning Outcomes

Standar kompetensi yang diharapkan dicapai peserta didik melalui mata kuliah ini adalah kemampuan:

  1. menerjemahkan materi yang ditulis dalam Bahasa Inggris terkait dengan ilmu/teknologi/seni pada umumnya, khususnya dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari;
  2. meresume materi yang ditulis dalam Bahasa Inggris untuk keperluan pengembangan ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/vokasi yang dipelajari.
  3. Mengucapkan isi artikel-artikel dan buku-buku teks matematika dalam bahasa inggris.

References

Gibilisco, S. (2004). Everyday Math Demystified. USA: The McGraw-Hill Co., Inc

Courant, R. & Robbins. (1996). What is Mathematics. New York: Oxford University Press, Inc.

Pyle, Michael A & Page, Mory Elien Munoz 2002. CLIFFS TOEFL Preparation Guide Hohn Wrley & Sors, Inc. USA.


Details ...
Course Descriptions

Sebagai alat komunikasi internasional, Bahasa Inggris dipelajari dan digunakan untuk dapat memahami materi ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari yang dikomunikasikan dalam Bahasa Inggris. Di perguruan tinggi, mata kuliah Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik terutama difokuskan pada pengembangan keterampilan dalam pemahaman materi yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Mata kuliah ini diambil oleh peserta didik pada semester awal dengan harapan kompetensi yang diperoleh dari mata kuliah ini dapat menunjang kelancaran dan keberhasilan peserta didik pada semester-semester berikutnya sepanjang masa studi.

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari Bahasa Inggris I. Fokus latihan tetap pada usaha peningkatan kemampuan membaca (reading), dengan pembahasan kosa kata dan tata bahasa tingkat lanjut. Bahan bacaan lebih ditingkatkan baik dalam jumlah kata maupun tingkat kesulitan (dengan memperbanyak latihan dari bahasa pendukung).

 Melatih  menulis, menelaah dan mendiskusikan karya tulis tentang masalah matematika dalam bahasa inggris. latihan ini meliputi: membaca, menulis, dan berdiskusi mengenai masalah matematika.

Mata kuliah ini memberikan latihan membaca (reading) teks-teks dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammer structure) yang lazim dipergunakan dalam bidang matematika. Latihan mendengar (listening), berbicara (speaking) dan menulis (writing) kemampuan membaca. Pembahasan tata bahasa sebagian merupakan “review” tata bahasa di semester 1.

Learning Outcomes

Standar kompetensi yang diharapkan dicapai peserta didik melalui mata kuliah ini adalah kemampuan:

  1. menerjemahkan materi yang ditulis dalam Bahasa Inggris terkait dengan ilmu/teknologi/seni pada umumnya, khususnya dalam bidang akademik/profesi/ vokasi yang dipelajari;
  2. meresume materi yang ditulis dalam Bahasa Inggris untuk keperluan pengembangan ilmu/teknologi/seni dalam bidang akademik/profesi/vokasi yang dipelajari.
  3. Mengucapkan isi artikel-artikel dan buku-buku teks matematika dalam bahasa inggris.

References

Gibilisco, S. (2004). Everyday Math Demystified. USA: The McGraw-Hill Co., Inc

Courant, R. & Robbins. (1996). What is Mathematics. New York: Oxford University Press, Inc.

Pyle, Michael A & Page, Mory Elien Munoz 2002. CLIFFS TOEFL Preparation Guide Hohn Wrley & Sors, Inc. USA.


Details ...