Courser in English | Teaching And Learning of Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
MINGGU KE |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN | BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR) |
METODE PEMBELAJARAN |
PENGALAMAN BELAJAR MHS |
KRITERIA PENILAIAN |
BOBOT NILAI |
---|---|---|---|---|---|---|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami hakikat Pengertian PAUD dan Hakikat manajemen | Pengantar hakikat pengertian PAUD dan Hakikat Manajemen | Ceramah Think Fair share | • Hakikat pengertian PAUD dan hakikat manajemen • Teori dan paradigma para ahli tentang Manajemen • Pengertian Manajemen | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami Dasar-dasar manajemen umum | • Dasar-dasar manajemen UMUM | Diskusi, Tanya Jawab | • Dasar-dasar Manajemen • POAC dalam Manajemen • Pelaksanaan POAC dalam Organisasi | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat melakukan analisis tentang Manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi | • Hakikat Manajemen sebagai Ilmu, Seni dan Profesi | DISKUSI | • Hakikat manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat melakukan analisis tentang Manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi | • Hakikat Manajemen sebagai Ilmu, Seni dan Profesi | DISKUSI | • Hakikat manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami Prinsip-prinsip Manajemen | • Prinsip-prinsip manajemen • Karakteristik manajemen penyelenggaraan paud | Diskusi | • Prinsip-prinsip manajemen | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami Prinsip-prinsip Manajemen Memahami tentang profil karakteristik Manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini | Karakteristik manajemen penyelenggaraan paud | Diskusi | • Klasifikasi pengelolaan lembaga Paud. | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat Memahami Ragam pengelolaan lembaga PAUD (formal, nonformal, dan informal) | • hakikat pengelolaan lembaga paud formal, non formal dan informal • Perbedaan manajemen paud formal, non formal dan informal | Diskusi | • Pengertian dan karakteristik paud formal, in formal dan non formal • Perbedaan secara keseluruhan antara paud formal, informal dan non formal | aktivitas Mahasiswa | 3% | |
UTS | UTS | UTS | UTS | UTS | 30% | |
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat Menjelaskan Tiga Pilar pendidikan anak usia dini (pemerintah, keluarga dan masyarakat | Hakikat tiga pilar dalam pendidikan anak usia dini | Presentasi mahasiswa | • Menjelaskan peran serta tiga pilar dalam keberhasilan dalam manajemen pengelolaan paud • Pendekatan dan strategi dalam mewujudkan peran serta tiga pilar dalam pendidikan aud • Menganalisis dampak tiga pilar dalam pelaksanaan pendidikan aud. | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat 1. Menyebutkan tujuan dan fungsi pendidikan aud di daerah perkotaan, perbatasan, pegunungan 2. Menyebutkan karakteristik manajemen penyelolaan paud di daerah perkotaan, perbatasan dan pegunungan | Pelaksanaan pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan | Presentasi Mahasiswa | - Menganalisis manajemen pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Membedakan pengelolaan paud di perkotaan, perbatasan dab pegunungan | Pelaksanaan pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan | Presentasi Mahasiswa | - Menganalisis manajemen pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan | Aktivitas Mahasiswa | 3% | |
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan model penyelenggaraan paud pada setiap daerah berdasarkan karakteristik kearifan local masing-masing daerah | • hakikat Kearifan Lokal dan potensi dengan karakteristik daerah yang berbeda-beda | Diskusi Mahasiswa | memahami kearifan lokal dan potensi daerah yang berbeda-beda | aktivitas mahasiswa | 4% |
- Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Algensindo.
- Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
- Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
- Hurlock, E. B. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
- Mudjiono, D. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
- Prawiradilaga, D.S. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ
- Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
- Wiyani, N. A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo