Belajar dan Pembelajaran AUD, Curriculum : 2015

Courser in EnglishTeaching And Learning of Early Childhood
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS2 Data

MINGGU
KE
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN BAHAN KAJIAN
(MATERI AJAR)
METODE
PEMBELAJARAN
PENGALAMAN
BELAJAR MHS
KRITERIA
PENILAIAN
BOBOT
NILAI
01
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami hakikat Pengertian PAUD dan Hakikat manajemen Pengantar hakikat pengertian PAUD dan Hakikat Manajemen Ceramah Think Fair share • Hakikat pengertian PAUD dan hakikat manajemen • Teori dan paradigma para ahli tentang Manajemen • Pengertian Manajemen Aktivitas Mahasiswa 3%
02
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami Dasar-dasar manajemen umum • Dasar-dasar manajemen UMUM Diskusi, Tanya Jawab • Dasar-dasar Manajemen • POAC dalam Manajemen • Pelaksanaan POAC dalam Organisasi Aktivitas Mahasiswa 3%
03
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat melakukan analisis tentang Manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi • Hakikat Manajemen sebagai Ilmu, Seni dan Profesi DISKUSI • Hakikat manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi Aktivitas Mahasiswa 3%
04
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat melakukan analisis tentang Manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi • Hakikat Manajemen sebagai Ilmu, Seni dan Profesi DISKUSI • Hakikat manajemen sebagai ilmu, seni dan profesi Aktivitas Mahasiswa 3%
05
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami Prinsip-prinsip Manajemen • Prinsip-prinsip manajemen • Karakteristik manajemen penyelenggaraan paud Diskusi • Prinsip-prinsip manajemen Aktivitas Mahasiswa 3%
06
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami Prinsip-prinsip Manajemen Memahami tentang profil karakteristik Manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini Karakteristik manajemen penyelenggaraan paud Diskusi • Klasifikasi pengelolaan lembaga Paud. Aktivitas Mahasiswa 3%
07
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat Memahami Ragam pengelolaan lembaga PAUD (formal, nonformal, dan informal) • hakikat pengelolaan lembaga paud formal, non formal dan informal • Perbedaan manajemen paud formal, non formal dan informal Diskusi • Pengertian dan karakteristik paud formal, in formal dan non formal • Perbedaan secara keseluruhan antara paud formal, informal dan non formal aktivitas Mahasiswa 3%
08
UTS UTS UTS UTS UTS 30%
09
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat Menjelaskan Tiga Pilar pendidikan anak usia dini (pemerintah, keluarga dan masyarakat Hakikat tiga pilar dalam pendidikan anak usia dini Presentasi mahasiswa • Menjelaskan peran serta tiga pilar dalam keberhasilan dalam manajemen pengelolaan paud • Pendekatan dan strategi dalam mewujudkan peran serta tiga pilar dalam pendidikan aud • Menganalisis dampak tiga pilar dalam pelaksanaan pendidikan aud. Aktivitas Mahasiswa 3%
10
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat 1. Menyebutkan tujuan dan fungsi pendidikan aud di daerah perkotaan, perbatasan, pegunungan 2. Menyebutkan karakteristik manajemen penyelolaan paud di daerah perkotaan, perbatasan dan pegunungan Pelaksanaan pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan Presentasi Mahasiswa - Menganalisis manajemen pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan Aktivitas Mahasiswa 3%
11
Membedakan pengelolaan paud di perkotaan, perbatasan dab pegunungan Pelaksanaan pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan Presentasi Mahasiswa - Menganalisis manajemen pendidikan aud di perkotaan, perbatasan dan pegunungan Aktivitas Mahasiswa 3%
12
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan model penyelenggaraan paud pada setiap daerah berdasarkan karakteristik kearifan local masing-masing daerah • hakikat Kearifan Lokal dan potensi dengan karakteristik daerah yang berbeda-beda Diskusi Mahasiswa memahami kearifan lokal dan potensi daerah yang berbeda-beda aktivitas mahasiswa 4%
References

  1. Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
  2. Djamarah, S. B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
  3. Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Algensindo.
  4. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
  5. Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.
  6. Hurlock, E. B. 1999. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
  7. Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
  8. Mudjiono, D. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  9. Prawiradilaga, D.S. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ
  10. Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
  11. Wiyani, N. A. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  12. Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo